Barcelona Raih Trofi Copa del Rey

Pemain Barcelona dengan trofi Copa del Rey 2020/2021. (Foto ist)

SEVILLA –  Barcelona sukses merengkuh trofi Copa del Rey 2020/2021  setelah mengalahkan Athletic Bilbao , 4-0, dalam laga final yang berlangsung di  Estadio de La Cartuja, Sevilla, Minggu (18/4) dinihari WIB.

Laga sempat berjalan sengit sepanjang 45 menit pertama dan bahkan sama kuat 0-0. Di babak kedua, Barcelona memegang kendali permainan. Kemenangan Barca ditentukan oleh Antoine Griezmann, Frenkie De Jong dan dua gol Lionel Messi.

Bagi Barcelona, ini menjadi trofi penting setelah mengarungi musim yang sulit. Kans mereka menambah gelar masih terbuka dari LaLiga, setelah masih berada di posisi tiga klasemen Liga Spanyol.

 Pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengungkapkan kegembiraannya dengan pencapaian anak asuhnya.  Ia juga ingin mengawinkan trofi Copa del Rey dengan Liga Spanyol.

Lionel Messi saat melesatkan gol ke gawang Athletic Bilbao.

“Kami bahagia sekali dan kami pantas memenangi paling sedikit satu trofi musim ini dan kami akan berjuang keras demi La Liga sampai pertandingan terakhir. Klub ini pantas mendapatkannya. Ini hari menggembirakan untuk warga Catalan ” kata  Koeman menyitir Marca.

Ia memuji seluruh pemainnya yang tampil taktis pada laga itu, khususnya di babak kedua. ESPN mencatat bahwa Barcelona yang begitu dominan mencatatkan 14 tembakan dengan delapan di antaranya on target. Sedang Bilbao punya tujuh percobaan, hanya satu yang mengarah ke gawang.

“Di babak pertama, laga berlangsung ketat. Kami kesulitan mencetak gol, karena Bilbao tampil dengan bagus. Di babak kedua kami lebih bagus dan bisa mengendalikan permainan. Luar biasa dengan penampilan seluruh pemain,” ujar pelatih asal Belanda tersebut.

Sementara Messi mengakui babak pertama berjalan cukup merepotkan. Tapi kesabaran timnya berbuah manis karena Bilbao mengendur di babak kedua. “Kami sejak awal tahu Athletic bermain seperti ini, dengan pola 4-4-2 yang sangat rigid. Kami sabar saat menguasai bola dan menciptakan sendiri celah-celahnya. Kami banyak sekali bergerak di babak pertama dan saya rasa mereka menurun di babak kedua,” ungkap Messi  seperti  dikutip Marca.

Messi pun mencatatkan rekor baru usai mengemas dua gol dalam laga tersebut. Messi tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di final Copa del Rey dengan total 10 gol. Angka tersebut melampaui torehan legenda Athletic Bilbao, Telmo Zarra.

Torehan ini jelas membuat Messi bahagia. Bahkan pemain berjuluk La Pulga itu merasa lega karena akhirnya Barcelona bisa mengangkat trofi juara pada musim ini.

Messi juga sebagai jagonya partai final, karena mampu bikin 31 gol dan 13 assist dari 30 penampilan. Messi juga sudah mengumpulkan 31 gol di seluruh kompetisi musim ini. Dikutip Squawka, Messi selalu mencetak minimal 30 gol atau lebih selama 13 musim beruntun dan sudah menyamai catatan golnya musim lalu.

“Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan. Sungguh istimewa menjadi kapten tim tempat saya bermain sepanjang hidup saya. Ini adalah piala yang sangat istimewa karena tahun ini berbeda, sebagai tahun transisi dengan begitu banyak pemain muda. Tim berkembang dan kami juga berjuang untuk Liga Spanyol,”  kata pemain berpaspor Argentina tersebut.

Kiprah apik Messi juga mendapat sambutan baik dari sang pelatih. Meski ia memuji seluruh pemain Barcelona, tetapi ia membuat ucapan khusus terhadap Messi. Koeman pun berharap Messi bisa memperpanjang kontraknya dan bertahan di Barcelona.

“Messi adalah seorang pemenang. Kami harus berbicara tentang semua pemain kami karena pantas mendapatkan gelar ini. Tetapi, Messi membuat perbedaan. Kami semua ingin Messi tetap di sini,” lanjut Koeman.

Barcelona berhasil merayakan gelar Copa del Rey ke-31, sementara Messi meraih trofi ketujuhnya di kompetisi ini. Sebelumnya Messi membawa Barca berjaya di 2009, 2011, 2015, 2016, 2017 dan 2018. Adapun bagi Bilbao, ini kekalahan keduanya di final Copa del Rey. Sebelumnya, mereka juga gagal di final musim lalu, usai digebuk Real Sociedad, Finalnya sendiri  baru dilangsungkan 4 April 2021 lalu karerna alasan Covid-19.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp