Barcelona Masih di Jalur Juara LaLiga

Lionel Messi (kanan) dalam pengawalan pemain Valencia. (foto: ist)

VALENCIA –  Barcelona meraih kemenangan atas tuan rumah, Valencia, di jornada ke-34 Liga Spanyol. Berlaga di Mestalla, Senin (3/5) dinihari WIB, Valencia unggul lebih dulu lewat sundulan Gabriel Paulista di menit ke-50. Namun gol Lionel Messi (57′, 69′) dan Antoine Griezmann membawa Barcelona   unggul 3-1, sebelum  Carlos Soler menipiskan  skor 3-2 di menit ke-83.

Kemenangan ini tentu menjaga peluang Barcelona dalam mengejar trofi musim ini. Mereka masih ada di peringkat ketiga dengan 74 poin, hanya kalah head-to-head dari Real Madrid dan tertinggal dua angka dari Atletico Madrid di puncak. Sedangkan Valencia tertahan di peringkat ke-14 dengan 36 poin.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengaku senang dengan  kemenangan timnya. ‘Ini laga yang sulit di situasi yang juga sulit. Menjelang berakhirnya kompetisi, persaingan kian seru. Dan dengan semakin sedikitnya laga yang tersisa, tentu kami dituntut untuk tidak tergelincir,” kata Koeman di  situs klub.

Koeman mengaku optimis timnya masih bisa meraih trofi musim ini. Maka ia berharap para pemain untuk terus meningkatkan performa dan fokus ke setiap laga. “Penting bagi kami untuk selalu menjaga ritme, fokus dan menaikkan performa. Kami masih punya peluang merebut trofi LaLiga.  Tidak ada yang mustahil. Namun yang lebih penting kami tidak boleh kalah lagi,” ujarnya.

Lionel Messi dan Antoine Griezmann tampil kompak saat mengalahkan Valencia. (Foto: ist)

Yang menarik dari laga ini, gawang Valencia menjadi korban terbaru begitu mematikannya tendangan bebas Messi. La Pulga sudah mencetak 50 gol dari tendangan bebas untuk Barcelona.

Dikutip dari Marca, gol tendangan bebas Messi ke gawang Valencia merupakan gol lewat direct free-kick ke-50 Messi bersama Barcelona di semua ajang. Musim ini, bintang 33 tahun tersebut sudah mencetak tiga gol dari tendangan bebas.

Selain Valencia, korban tendangan bebas Messi sebelumnya di musim ini adalah gawang Athletic Bilbao dan Granada. Tendangan bebas memang menjadi salah satu senjata Messi membobol gawang lawan dalam beberapa musim terakhir.

Messi mencetak gol pertamanya lewat tendangan bebas untuk Barcelona pada musim 2008/2009. Setelah itu, kemampuan tersebut terus meningkat pesat.

Musim tersubur Messi mencetak gol lewat tendangan bebas terjadi pada 2018/2019. Di musim tersebut, Messi total mampu mengemas 8 gol lewat tendangan bebas. Jumlah tersebut lebih baik satu gol daripada musim 2015/2016 dan 2017/2018 saat Messi membuat tujuh gol dari tendangan bebas.

Bintang asal Argenina itu saat ini memang masih menjadi tumpuan gol Barcelona. Ia kini duduk di puncak daftar top skor LaLiga dengan 28 gol.

Hanya saja, dalam laga melawan Valencia, Messi gagal menjalankan tugasnya dengan baik saat menjadi algojo dati titik 12 pas.  Ini adalah satu masalah yang dimiliki Barca di musim ini

Sepakan Messi mampu ditepis kiper Jasper Cillessen karena bola terlalu lemah.

Untungnya, bola muntah langsung diamankan Sergio Busquet dan mengirim bola ke depan gawang Valencia, menciptakan kemelut di sana. Pedri sempat mendapat bola, namun sepakannya diblok barisan belakang Valencia.

Bola muntah lalu sampai di kaki Messi, dan kali ini dia menebus kesalahannya dengan gol. Dilansir dari Marca, sejauh musim ini Barcelona telah gagal tujuh kali mengeksekusi penalti dari 17 kali percobaan. Persentase keberhasilannya cuma 41 persen.

Messi sudah tiga kali gagal, sisanya yang juga gagal adalah Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Miralem Pjanic dan Martin Braithwaite.

Selanjutnya  Atletico MadridBarcelonaReal Madrid dan Sevilla akan saling berduel di pekan 35.  Barcelona akan menjamu Atletico di Camp Nou (8/5), kemudian Madrid akan menghadapi Sevilla di Valdebebas (10/5) dinihari WIB. Walau demikian,  bek Barca Gerard Pique percaya, hasil dari laga  nanti tak akan menentukan juara.

“Kami tahu tidak ada pertandingan yang mudah. Ini artinya kami masih dalam persaingan gelar juara. Untuk terus bersaing sampai akhir itu sebuah pencapaian, itulah hal yang kami inginkan di awal musim, bahkan lebih setelah paruh pertama musim ini,” ungkap Pique di SPORT.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp