International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Barca Usung Misi Berat Melawan Bayern

BARCELONA – Barcelona mengusung misi berat saat menjamu  Bayern Muenchen pada lanjutan Liga Champions, yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (27/10) dinihari WIB. Jika sampai tidak menang, mereka bakal tersingkir dari ajang ini.

Maka, bagi Barcelona tidak ada pilihan lain. Kemenangan merupakan harga mati sambil mengharapkan ‘nasib’ di laga lain Grup C.

Bayern Muenchen menatap laga  ini dengan lebih santai, pasalnya Die Roten sudah pasti lolos 16 besar Liga Champions 2022-2023. Skuad asuhan Julian Nagelsmann itu tak tergoyahkan di peringkat 1 klasemen sementara grup C.

Sejauh ini, Bayern telah mengoleksi poin sempurna (12) setelah menyapu bersih 4 pertandingan sebelumnya. Kontras dengan Bayern, Barcelona justru tampil compang-camping di fase grup. Hasil imbang melawan Inter pada matchday 4 UCL membuat peluang Blaugrana lolos ke babak 16 besar hampir mustahil.

Meski bermain di Camp Nou, Barcelona bisa jadi tetap kesulitan menghadapi The Bavarian yang sedang dalam performa impresifnya. Meski jorjoran dalam bursa transfer musim panas lalu dan sempat tampil meyakinkan di kompetisi domestik, performa Barcelona di UCL terbilang buruk.

Skuad asuhan Xavi Hernandez itu harus puas menghuni peringkat 3 klasemen sementara grup C Liga Champions musim ini setelah hanya meraih hasil imbang melawan Inter pada Rabu (12/10) lalu.

Barcelona tak hanya butuh kemenangan ketika menjamu Bayern Muenchen, tetapi juga berharap Viktoria Plzen memenangkan pertandingan melawan Inter di Giuseppe Meazza. Kemenangan atas Bayern Kamis dini hari nanti tidak cukup buat Barcelona lantaran rekor head to head Blaugrana kalah dari Inter.

Berbeda dengan liga domestik Eropa, Liga Champions menerapkan aturan head to head sebagai penentu peringkat fase grup setelah poin pertandingan. Kontras dengan Barcelona, Die Roten mengikuti langkah Club Burge, Real Madrid dan Manchester City yang dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Pelatih Barca Xavi Hernandez mengatakan, timnya antusias menghadapi laga ini, walau sadar bahwa jalannya pertandingan tidaklah mudah. “Tentu saja kami optimis, tetapi lawan yang kami hadapi adalah tim kuat. Yang ada dalam benak kami hanyalah berjuang sekuat tenaga untuk menang, apa pun hasil di laga lain grup ini,” kata Xavi di Marca.

Xavi dipastikan tetap mengandalkan Robert Lewandowski, Ousmane Dembele guna menggendor pertahanan Bayern. Tentu peran pemain lain juga sangat diharapkan. Barcelona masih tak dapat memainkan Memphis Depay, Andreas Christensen, dan Ronald Araujo.

Blaugrana juga dipastikan tak akan memainkan Sergi Roberto yang menderita dislokasi bahu dalam laga lanjutan LaLiga kontra Villarreal Senin (24/10) dinihari lalu.

Sementara itu, tim tamu juga memiliki beberapa pemain yang tak dapat diturunkan. Bouna Sarr, Leroy Sane, Kingsley Coman, Lucas Hernandez dan Manuel Neuer diragukan tampil karena cedera yang diderita masing-masing pemain. Tetapi Sadio Mane dan Thomas Mueller dipastikan tetap mejadi ancaman bagi pertahanan Barca.

Julian Nagelsmann mengatakan, tidak ada yang perlu diragukan dari timnya. ‘Semua pemain sudah siap. Walau kami sudah lolos ke babak selanjutnya, tetapi laga melawan Barca tetap penting bagi kami. Ini laga sarat gengsi,” ujar Nagelsmann.

Bayern tampil dominan dalam 5 laga terakhir melawan Barcelona. Baik dalam laga tandang maupun tandang Bayern selalu menang dalam 5 pertemuan terakhir. Kali terakhir  Barca menang melawan Bayern Munchen adalah ketika semifinal UCL 2014-2015. Kala itu, Barca yang masih diperkuat trio Lionel Messi-Luis Suarez-Neymar berhasil menang atas Die Roten dengan skor 3-0.

Jadwal laga lainnya adalah  Club Brugge vs FC Porto, Napoli vs Rangers, Ajax vs Liverpool, Atletico Madrid vs Bayer Leverkusen, Tottenham Hotspur vs Sporting CP dan  Frankfurt vs Marseille.***

Vitus DP

Komentar