Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Barca Benamkan Madrid di Piala Super Spanyol

Xavi Hernandez dan skuad Barcelona dengan trofi Piala Super Spanyol.

RIYADH – Barcelona sukses membuat Real Madrid tidak berdaya  pada final Piala Super Spanyol yang berlangsung di King Fahd Stadium, Senin (16/1) dinihari WIB. Skor  3-1 menjadi hasil akhir dari laga tersebut.

Barcelona unggul 2-0 di babak pertama lewat  Gavi pada menit ke-33 dan digandakan Robert Lewandowski pada menit 45. Blaugrana menambah gol di babak kedua melalui Pedri tepatnya di menit 69. Karim Benzema memperkecil ketertinggalan pada menit ke-90+3).

Ini merupakan  trofi pertama klub Catalunya itu di bawah asuhan Xavi Hernandez dan didapatkan tanpa Lionel Messi. Pada musim 2021/2022, Barcelona nirgelar yang diwarnai pemecatan Ronald Koeman dan penunjukan Xavi sebagai pelatih.

“Apa yang kami rancang dan rencanakan berjalan dengan sempurna. Saya sangat senang untuk para pemain karena sejak saya di sini, mereka ingin juara dan mereka bekerja keras untuk mewujudkannya. Mereka sudah menerima banyak kritik, dengan tidak adil, dan kali ini mereka sudah dibebaskan. Ini memberi kami kepercayaan diri, kami pastinya sangat bangga. Bagi Barcelona, ini sangat positif. Kami menciptakan tim dan saya harap ini akan jadi trofi pertama dari banyak trofi berikutnya,” ujar Xavi seperti dilansir Sport.

Xavi merasa gelar juara Piala Super Spanyol membuat para pemain Barcelona semakin yakin dengan proyeknya. “Trofi ini mendatangkan ketenangan pikiran dan kepercayaan diri, semata-mata karena para pemain bisa melihat apa yang sudah kami susun untuk mereka bisa berjalan. Anda mengalahkan Madrid dengan mendominasi permainan dan ini membuat para pemain yakin akan apa yang dikerjakan staf. Ini mendongkrak moral,” ujarnya.

Kendati demikian, Xavi menegaskan bahwa tidak akan puas sampai disini saja. Pelatih berusia 42 tahun ini semakin optimis ingin membawa Barcelona meraih trofi lainnya seperti Liga Spanyol musim ini.

“Tapi kita tidak bisa berhenti di sini. Saya sudah mengatakan berkali-kali bahwa saya masih positif. Saya merasa semuanya berjalan baik karena saya melihatnya dari dalam,” ungkapnya.

Gavi memiliki peran penting dalam membawa timnya meraih gelar juara. Melihat performa bagus itu,  Xavi memberikan pujian kepada pemain berusia 18 tahun tersebut. “Kami semua terharu saat melihatnya berkompetisi, dia memiliki jiwa dan karakter yang menular ke seluruh tim. Itu keluar dari dirinya. Dia spektakuler dan dia berusia 18 tahun. Saya tidak pernah bosan memuji dia, jangan berhenti, anak ini tidak punya atap,” ujarnya.

Sergio Busquets menyebut Gavi sebagai hewan buas karena kebanyakan pemain seusianya masih berada di tim junior. Namun Gavi berhasil menembus tim senior dan membantu Barcelona menjadi juara Piala Super Spanyol dengan mencetak satu gol dan dua assist.

“Gavi adalah hewan buas, sebagian besar pada usianya saat ini, kebanyakan pemain berada di tim junior, tetapi dia ada di sini, bermain di level yang luar biasa, mencetak gol dan memberikan assist,” kata Busquets dilansir dari Mundo Deportivo.

Gelandang berusia 34 tahun itu ingin Gavi terus belajar dan mendengar masukan dari pemain dan pelatih.  “Saya akan mengatakan kepadanya untuk terus belajar dan mendengarkan. Saya harap dia menandai sebuah era di Barca,” pungkasnya.

Sementara pelatih Real Madrid,   Carlo Ancelotti menyebut kekalahan itu bukanlah hal yang memalukan atau noda untuk timnya.  ” (Kalau) ’aib olahraga’ akan berarti tidak respek. Kami kalah dari Barcelona, sama seperti ketika kami mengalahkan mereka di liga (3-1 pada 16 Oktober). Mereka main lebih baik dan pantas menang, itu saja,” ujar Ancelotti dalam konferensi pers usai laga seperti dilansir ESPN.

Pelatih asal Italia itu menyoroti kesalahan individu pemainnya. “Kesalahan yang kami buat menentukan pertandingan. Kami tidak main bagus, mereka memukul kami dua kali dengan serangan balik dan pertandingan berubah. Ini bukan sikap yang kurang, ini kesalahan individu,” kata Ancelotti.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media