International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Banyak Orang Kaya Rusia Kabur ke Dubai Hindari Sanksi Perang

Dubai bagai surga bagi orang kaya Rusia.

DUBAI – Sebuah laporan menyatakan pembelian property di Dubai oleh orang kaya Rusia  melonjak 67% dalam tiga bulan pertama pada 2022.

Melonjaknya permintaan ini dikarenakan banyaknya orang kaya Rusia yang melarikan diri ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk menghindari sanksi atas invasi Rusia  ke Ukraina.

Masuknya warga negara Rusia telah mendorong permintaan untuk vila dan apartemen mewah di seluruh kota. Agen real estat melaporkan lonjakan harga properti, karena orang Rusia yang tiba di Dubai ingin membeli rumah.

Agen real estat yang berbasis di Dubai, Betterhomes, menemukan pembelian properti oleh orang Rusia melonjak dua pertiga dalam tiga bulan pertama pada 2022.

Lalu gen real estat lainnya, Modern Living, mengatakan kepada BBC bahwa mereka telah mempekerjakan banyak agen berbahasa Rusia untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Chief executive Thiago Caldas mengatakan mereka menerima banyak telepon dari warga negara Rusia yang ingin segera pindah ke Dubai.

“Orang Rusia yang datang tidak membeli hanya untuk investasi, mereka melihat Dubai sebagai rumah kedua,” katanya.

Diketahui, Dubai sudah dianggap sebagai surga bagi orang kaya Rusia yang melarikan diri dari dampak sanksi barat atas perang di Ukraina.

Para pemimpin bisnis mengatakan kepada BBC, miliarder dan pengusaha Rusia telah tiba di UEA dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Diperkirakan ratusan ribu orang telah meninggalkan Rusia selama dua bulan terakhir – meskipun angka pastinya tidak tersedia.

Seorang ekonom Rusia mengatakan sebanyak 200.000 orang Rusia telah pergi dalam 10 hari pertama setelah perang dimulai.

Virtuzone, yang membantu perusahaan untuk mendirikan operasi di Dubai, telah melihat lonjakan besar klien Rusia.

 Banyak perusahaan multinasional dan perusahaan rintisan Rusia juga merelokasi karyawan mereka ke UEA.***

Osmar Siahaan

Komentar