International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Arsenal Sukses Atasi PSV Eindhoven

Kegembiraan pemain Arsenal usai Granit Xhaka mencetak gol ke gawang PSV Eindhoven.

LONDON – Arsenal harus susah payah mengalahkan PSV Eindhoven dengan skor 1-0, pada pertandingan Liga Europa 2022/2023 di Emirates Stadium, Jumat (21/10) dinihari WIB.

Arsenal tampil dominan tapi cuma mencetak satu gol di menit ke-70 lewat Granit Xhaka. Mereka mendominasi laga dengan menciptakan 25 attempts, delapan on goal. Sementara, PSV cuma satu attempts on target dari total empat.

Xhaka pada laga ini mengenakan ban kapten karena Martin Odegaard dicadangkan. Ini adalah gol ketiga Xhaka musim ini, menyamai total golnya di tiga musim sebelumnya.

Musim ini seperti jadi penebusan untuk Xhaka setelah kerap dikritik oleh fans, yang dipuncaki dengan dicabutnya ban kapten beberapa musim lalu.

Tak cuma tiga gol, tiga assist juga sudah disumbangkan Xhaka. Yang mengejutkan gol Xhaka kali ini dibuat dari kaki kanan, kaki terlemahnya yang selama ini cuma sekali membuat gol, yakni saat masih memperkuat Borussia Moenchengladbach pada 2014/2015.

“Dia pantas mendapatkan ini. Dia sudah melalui banyak cobaan dan di saat sulit seperti ini pun dia selalu siap menghadapi apa pun, etos kerjanya, kepribadiannya, cara dia memperlakukan semua orang di klub ini, cintanya kepada klub ini dan profesionalismenya tanpa tanding,” ujar manajer Arsenal Mikel Arteta di situs resmi klub.

Dengan tambahan tiga poin, The Gunners kokoh di posisi pertama Grup A dengan 12 poin dan memastikan lolos ke babak 32 besar. Sebab mereka unggul delapan angka dari Bodo/Glimt di posisi ketiga dengan dua laga tersisa.

Penentuan juara grup dilakukan pekan depan saat mereka melawat ke Phillips Stadium, kandang PSV. Juara grup berhak lolos langsung ke babak 16 besar, sementara runner-up akan menghadapi tim buangan dari Liga Champions.

“Kami punya banyak momen bagus ketika kami mendominasi lawan yang luar biasa hebat. Kami cuma kurang bagus di sepertiga akhir atau saat menembak, tapi kami senang bisa menang dan kelolosan adalah langkah awal. Perbedaan antara juara dan runner-up grup itu jauh sekali, sehingga kami akan menuntaskannya pekan depan (jadi juara grup),” tandas Arteta.***

Vitus DP

Komentar