Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Arsenal Mulai Jauhi Pesaing

Pemain Arsenal bersuka cita saat mengalahkan Brighton & Hove Albion.

BRIGHTON – Arsenal memasuki tahun 2023 dengan kokoh di puncak klasemen Liga Inggris, setelah memenangi  laga melawan tuan rumah Brighton & Hove Albion dengan skor 4-2.

Dalam laga di Amex Stadium, Minggu (1/1/2023) dinihari WIB itu, gol kemenangan Arsenal dicetak  Bukayo Saka (2), Martin Odegaard (39),  Eddie Nketiah (47) dan Gabriel Martinelli (71).  Brighton hanya mampu mencetak dua gol lewat  Kaoru Mitoma (65) dan Evan Ferguson (77).

Arsenal kini mengumpulkan 43 poin dari 16 laga, unggul tujuh poin dari Manchester City di urutan kedua. Brighton di posisi kedelapan dengan 24 poin.

Ini adalah start terbaik Arsenal di Premier League, yang sekaligus membuka jalan lebar-lebar menuju tangga juara liga.

Dikutip dari Sky Sports, tidak ada tim yang gagal jadi juara setelah mengumpulkan 43 poin atau lebih di 16 pertandingan awal. Sebelumnya ada Tottenham Hotspur (1960/1961), Manchester City (2017/2018) dan Liverpool (2019/2020) dengan 46 poin.

Kemudian, ada Chelsea dengan 43 poin di musim 2005/2006. Bahkan cuma ada satu tim yang gagal juara liga setelah unggul tujuh poin saat pergantian tahun di puncak, yakni Liverpool pada 2018/2019.

Melihat laju Arsenal yang cuma sekali imbang dari 10 laga terakhirnya, nampaknya akan sulit bagi tim mana pun termasuk City untuk mengadangnya. “Kami masih harus memainkan setiap pertandingan, kini kami haruf sokus lagi dan mengevaluasi setiap penampilan kami, mana yang bagus dan mana yang harus diperbaiki,” ujar manajer Arsenal Mikel Arteta di BBC Sport.

Ia menegaskan, masih banyak laga yang harus dihadapi dan pasti semua tidak mudah. “Unggul sementara di klasemen belum berarti apa-apa bagi kami. Masih banyak pertandingan yang harus dihadapi. Kami tahu apa yang terjadi, tapi kami harus fokus ke diri sendiri, di mana kami harus mengalahkan tim yang tangguh di kandang sendiri dan berhasil dilakukan,” ujarnya.

Terkait jalannya laga melawan Brighton, Arteta mengungkapkan, seluruh pemain telah menunjukkan komitmen yang bagus. “Laga itu sebenarnya tidak mudah, tetapi pemain saya tampil dengan semangat dan motivasi yang tinggi. Tapi kami juga kecolongan dengan gol lawan. Namun begitulah sepakbola,” ujarnya.

Fans Arsenal sendiri sudah melayang ke awan. Mereka yakin, musim ini titel juara Liga Inggris bisa didapatkan, namun Arteta tidak sependapat.  “Kami tahu hasil pertandingan Man City, tetapi kami datang ke sini untuk menang dan harus terus tampil di level tertinggi. Ini belum berarti apa-apa, fokus kami adalah harus terus meningkatkan penampilan. Kami harus fokus untuk terus memenangi pertandingan. Kami harus mendominasi di semua area lapangan,” tegasnya.

Pemain Arsenal Bukayo Saka mengakui  timnya dalam posisi yang sangat bagus untuk juara Premier League. “(Unggul tujuh poin) kedengarannya luar biasa. Tentu saja kalau kalian tanya kami di awal musim apakah kami menginginkan ini, kami akan langsung menyambarnya. Kami sangat senang. Ada penekanan (agar langsung panas di awal laga). Kami tahu sulitnya bertanding di sini dan cuacanya juga tidak mudah,” ujar Saka kepada Sky Sports.

Walau demikian, Saka meminta Arsenal agar tak terlena, namun harus fokus menghadapi pertandingan satu per satu. “Kesempatan besar (untuk juara Premier League) ada di depan kami, kami menempatkan diri di posisi yang bagus. Kami tidak fokus ke sana sekarang. Kami fokus ke pertandingan berikutnya karena kami tahu seberapa bagus mereka tampil akhir-akhir ini,” katanya.

Selanjutnya Arsenal akan menjamu Newcastle United di Emirates Stadium, Rabu (4/1) dinihari WIB.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media