International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Arsenal Memangsa Manchester United

Granit Xhaka saat melesatkan gol ke gawang Manchester United. (Foto: AP).

LONDON – Arsenal sukses mengalahkan Manchester United (MU), 3-1, pada lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium, Sabtu (23/4) malam WIB. Laga berjalan seru, pasalnya kedua tim berjuang untuk mengamankan posisi keempat klasemen.

Arsenal unggul di babak pertama lewat Nuno Taveres di menit ketiga dan Bukayo Saka via penalti di menit ke-32. Manchester United sempat membalas lewat Cristiano Ronaldo di menit ke-34.

Di babak kedua, MU punya peluang emas untuk bikin kedudukan 2-2. Sayangnya, sepakan penalti Bruno Fernandes menerpa tiang. Dan Arsenal menambah gol lewat sepakan jarak jauh Granit Xhaka di imenit ke-70.

Meski menang dengan skor meyakinkan, Arsenal masih ada kekurangan. Manajer Mikel Arteta menyoroti kegagalan timnya mengontrol permainan pada 15 menit akhir babak pertama dan 15 menit awal babak kedua.

“Kami memulai dengan sangat cepat dan memastikan kami mencetak gol terlebih dahulu. 15 menit terakhir babak pertama dan 15 menit awal babak kedua kami tidak mengontrol permainan dan kami membutuhkan sedikit keberuntungan,” kata Arteta seperti dikutip dari BBC.

Ia memuji penampilan sang kiper yang melakukan penyelamatan gemilang. “Kami memiliki Aaron (Ramsdale) yang membuat beberapa penyelamatan penting dan mereka gagal mengeksekusi penalti, yang jarang terjadi dengan kualitas yang mereka miliki. Kami akan belajar dari itu, tetapi setelah itu respons tim sangat luar biasa,” kata Arteta.

Arteta salut dengan keputusan Granit Xhaka  yang menembak dari luar kotak penalti. “Momen besar. Saya tidak akan menulis cerita bahwa Granit akan mencetak gol itu. Tapi dia mengambil inisiatif dan memiliki keberanian untuk bermain,” kata Arteta.

Ini adalah tanda kebangkitan Arsenal. Setelah sempat kalah tiga kali beruntun, The Gunners mampu menumbangkan Chelsea dan MU.

“Itu adalah pertandingan penting bagi kami setelah dua setengah hari untuk pulih dari kinerja dan hasil besar di Stamford Bridge. Kami ingin menang lagi dan kami tahu betapa pentingnya suporter kami. Mereka benar-benar mewujudkannya dengan energi yang mereka mainkan dan semangat yang mereka miliki dalam tim,”  ujar Arteta.

Ada yang menarik terkait gol Xhaka. Beberapa tahun terakhir, hubungan Xhaka dengan fans Arsenal memburuk. Saat dipercaya sebagai kapten, Xhaka pernah tampil buruk dan mendapat kritik pedas. Dia kemudian melempar jersey yang dipakai dan hubungannya dengan fans Arsenal buruk.

Maka usai mencetak gol ke gawang MU, Xhaka merayakan golnya di depan fans dengan merentangkan tangan. “Saya memimpikan itu karena dia pantas mendapatkannya. Jika setiap fans, atau individu punya waktu lima, sepuluh menit dengan Granit, atau bahkan dua menit sudah cukup, mereka akan memahami siapa dia, profesionalnya dia, dan betapa dia peduli dengan klub,” ucap Arteta.

Xhaka sendiri  mengaku senang dengan performanya  di laga itu. “Sebenarnya itu laga yang sulit. Tapi kami tampil luar biasa, karena memiliki motivasi untuk mengejar tiket ke Liga Champions. Soal gol saya, itu hanya berdasarkan naluri. Saya mengambil ancang-ancang dan mengarahkan bola ke gawang MU. Saya senang bisa mencetak gol, tapi yang paling penting  tim menang,” ujarnya di situs klub.

Sementara upaya Manchester United mengejar tiket Liga Champions kian sulit. Manajer sementara Ralf Rangnick pun mengibarkan bendera putih dalam perburuan empat besar.

“Saya kira kami menampilkan permainan yang lebih baik tapi pada akhirnya hasilnya mengecewakan. Kami bangkit dari kebobolan gol cepat dan punya beberapa peluang di kedua babak untuk mencetak gol lebih banyak,” ujar Rangnick seperti dilansir BBC.

Akibat kekalahan ini, MU masih tertahan di peringkat keenam klasemen Liga Inggris dengan 54 poin dari 34 pertandingan. Mereka terpaut enam angka dari Arsenal yang ada di posisi keempat dan baru memainkan 33 laga.

Arsenal masih punya satu pertandingan tunda. Sementara MU tinggal menyisakan empat pertandingan untuk dimainkan. Rangnick menyebut peluang Manchester United untuk finis empat besar sudah hilang. “Saya bahkan sebelum pertandingan menyebut empat besar sangat tidak mungkin tapi setelah hasil ini, kesempatan itu sudah hilang,” kata Rangnick.

Hasil laga lainnya adalah Leicester City 0 vs Aston Villa 0, Norwich 0 City vs Newcastle United 3 dan  Brentford 0 vs Tottenham Hotspurs 0.***

Vitus DP

Komentar