Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Arsenal ke Babak Keempat Piala FA

Eddie Nketiah saat menundukkan kiper Oxford United, Edward McGinty.

OXFORD –   Arsenalberhasil melaju ke babak keempat Piala FA 2022-2023 usai mengalahkan tuan rumah Oxford United dengan skor telak 3-0, dalam laga yang dihelat di  The Kassam Stadium, Selasa (10/1) dinihari WIB.

Duel kedua tim berjalan alot selama 20 menit walau tanpa ada tembakan yang dilepaskan. Hingga  turun minum tidak ada gol yang tercipta.

Arsenal berhasil memecah kebuntuan di babak kedua. Gol pembuka datang pada menit ke-63, setelah bola eksekusi tendangan bebas Fabio Vieira disambut dengan sundulan Mohamed Elneny.

Anak asuh Mikel Arteta memperbesar keunggulan di menit ke-70. Bola umpan terobosan dari Vieira berhasil disambut Eddie Nketiah, yang kemudian melewati kiper untuk membawa Arsenal memimpin 2-0.

Enam menit berselang Arsenal kembali mencetak gol. Nketiah sekali lagi melesakkan gol setelah menuntaskan bola umpan Gabriel Martinelli.

Usai laga, Arteta menyanjung kinerja Nketiah. Menurutnya, pemain berpaspor Inggris tersebut sukses memerankan tugasnya dengan baik. Arteta pun senang dengan perkembangan yang ditunjukkan Nketiah.

“Dia (Eddie Nketiah) menunjukkan ketenangan yang luar biasa. Dia adalah finisher yang hebat dan waktu larinya juga. Pengambilan keputusan untuk menunggu hingga saat-saat terakhir menunjukkan kualitasnya. Bukan hanya itu, pemahamannya, tingkat kerjanya menurut saya semakin baik. Dan saya sangat senang dengannya,” kata Arteta dikutip dari laman resmi Arsenal.

Arteta juga menilai Favio Vieira bermain dengan sangat ‘rapi’ dalam pertandingan ini. Pelatih asal Spanyol itu senang Vieira banyak menciptakan peluang dan membantu tim mencetak gol.

“Saya sangat senang. Jelas, dia berkontribusi besar untuk memenangkan pertandingan. Itulah kualitasnya yakni menciptakan peluang, menentukan permainan di sepertiga akhir dan dia memiliki dua momen yang sangat bagus yang membantu kami memenangkan pertandingan,”  kata Arteta.

Khusus untuk Eddie Nketiah, ia  sempat diragukan bisa menjaga lajunya setelah Gabriel Jesus mengalami cedera lutut. Tapi Nketiah sejauh ini mengisi tempat Jesus dengan amat baik.

Bukan apa-apa, Jesus krusial dalam permainan Arsenal. Tak hanya sudah berkontribusi dengan lima gol dan tujuh assist dari 20 penampilan sejauh ini, kinerjanya juga sangat penting dalam cara Arsenal melakukan pressing.

Sukses Arsenal bertengger di puncak klasemen Liga Inggris saat ini, dan masih aktif di Liga Europa dan Piala FA, niscaya tak lepas dari peran besarnya. Di Liga Inggris, klub London utara itu sekarang memimpin lima poin atas Manchester City di urutan kedua.

Nketiah  mengaku menikmati laga tersebut. “Ini menyenangkan. Saya menuntaskan gol pertama dengan baik dan yang kedua itu tercipta dari sontekan kecil, jadi saya mungkin akan lebih menikmati yang kedua ini. Setiap pemain hanya ingin bermain apa pun kompetisinya. Saya bersyukur banget atas kesempatan yang diberikan dan saya cuma mau terus bekerja dan membantu tim,” kata Nketiah dikutip BBC.

Setelah mendepak Ofxord United, Meriam London harus bertemu Manchester City di babak keempat. Manchester City melaju dengan sangat bagus di Piala FA. Anak asuh Pep Guardiola mendepak Chelsea dengan kemenangan 4-0.

“Kami siap untuk itu (lawan Man City). Kami akan pulih, fokus ke Tottenham Hotspur dulu dan setelah itu lihat ke pertandingan berikutnya,” kata Nketiah kepada ITV.

Sebelum berhadapan dengan Man City, Arsenal harus melalui jalan terjal di Liga Inggris. Akhir pekan ini Arsenal bertandang ke markas Tottenham dan selanjutnya menjamu Manchester United.

Arsenal saat ini tengah dalam tren positif usai memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023. Mereka tercatat hanya kalah satu kali dan sukses mengumpulkan 44 poin.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media