Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Arsenal Harus Fokus Di Setiap Laga!

Mikel Arteta dan Bukayo Saka tak mau sesumbar soal peluang Arsena meraih juara.

LONDON – Arsenal tengah melaju kencang di puncak klasemen Liga Inggris. Namun, manajer Mikel Arteta  tak mau sesumbar soal peluang The Gunners  meraih juara di akhir musim.

Terbaru Arsenal mengalahkan Manchester United (MU) di Emirates Stadium, Minggu (22/1) malam WIB. Duel berlangsung sengit dengan MU unggul duluan lewat Marcus Rashford di menit ke-17.

Eddie Nketiah dan Bukayo Saka membuat Arsenal berbalik unggul di menit ke-24 dan ke-53, sebelum disamakan Lisandro Martinez di menit ke-59.

Arsenal menang 3-2 lewat gol kedua Nketiah di masa injury time, yang membuat mereka kokoh di puncak Premier League dengan 50 poin dari 19 laga. Ada selisih lima poin dari Manchester City di posisi kedua yang sudah bermain 20 kali.

Itu artinya Arsenal bisa melebarkan jarak jadi delapan poin andaikan memenangi satu laga simpanan. Dengan situasi seperti itu, Arsenal boleh dikatakan memegang kendali perburuan gelar juara.

Sebab menurut  pengalaman dari lima tim yang pernah meraih 50 poin di paruh pertama musim, hanya Liverpool yang gagal jadi juara di musim 2018/2019. Sementara, Arsenal bahkan tidak pernah mencapai total poin itu saat tiga kali juara Premier League.

Statistik yang ada ini tak serta merta membuat Arteta jemawa. Menurutnya, Arsenal masih belum pantas disebut calon kuat juara karena skuadnya berisikan pemain muda minim pengalaman, beda dengan City yang sudah empat kali juara dari lima musim terakhir.

“Saya tahu tim saya seperti apa. Saya tahu kami ada di mana sekarang, saya tahu kenapa kami ada di sini, dan saya tahu misi kami apa dan kami masih jauh dari itu (jadi juara liga),” ujar Arteta seperti dikutip Daily Mail.

Ia menyampaikan bahwa tim lainnya juga punya level untuk meraih juara di musim ini. “Saya tahu level tim-tim lainnya, khususnya satu tim yang sudah meraih banyak trofi dalam lima atau enam tahun terakhir. Kami belum sampai ke level itu,” ujar Arteta.

Gol kemenangan Arsenal ke gawang Manchester United turut dibantu oleh VAR.  Arteta senang kali ini VAR menguntungkan timnya.

Entrenador asal Spanyol itu  mengaku bahwa  optimis dan kepercayaan diri sudah tumbuh dalam skuadnya setelah meraih kemenangan ini. Namun ia ingin anak buahnya terus meningkatkan performa mereka untuk mengakhiri musim ini dengan manis.

“Saya berharap para pemain percaya diri dengan performa,  tetapi mereka cukup bagus untuk bermain melawan tim-tim besar dan mereka telah melakukannya. Kemenangan seperti ini memberi kami keyakinan dan keyakinan bahwa kami menuju ke arah yang benar. Bahwa cara kami bermain akan menghasilkan sesuatu,” ujarnya.

Pemain Arsenal, Bukayo Saka mengatakan, timnya harus bisa terus dalam situasi rendah hati karena musim ini baru setengah jalan. “Ini sungguh penting. Ini adalah sesuatu yang bisa kami banggakan, tapi kami harus tetap rendah hati. Sekarang ‘kan masih separuh musim dan banyak hal bisa berubah dengan sangat cepat,” kata Saka kepada Sky Sports.

Tetapi ia optimis, timnya bakal meraih kemenangan, jika tampil dengan performa yang bagus. “Namun, jika kami terus bermain seperti yang sudah-sudah maka kami akan berada di posisi yang bagus di akhir musim. Kami cuma harus mempertahankannya,” kata Saka.

Kapten Arsenal Martin Odegaard  meminta rekan setimnya fokus mempertahankan laju saat ini tanpa harus memikirkan City, MU atau tim lain yang mengejar. “Jujur, kami tidak begitu peduli soal City atau tim lain. Kami selalu mengira mereka bakal menang, jadi bukan kejutan. Kami harus fokus pada penampilan kami, untuk  selalu menang, itulah yang kami lakukan. Cara kami memenangi laga ini akan membantu mental para pemain,” ujar Odegaard seperti dilansir Sky Sports.

Ia menegaskan, bahwa masih banyak laga yang harus dimainkan dan semua  harus dihadapi dengan performa yang matang. “Ini musim yang panjang, kami baru melalui setengahnya. Masih banyak laga yang harus dimainkan, kami harus tetap tenang dan rendah hati. Jangan berpikir terlalu jauh dulu. Kami harus tetap tenang dan menikmati setiap momen. Kami tampil sangat baik, tapi jalan masih panjang, dan kami harus terus berupaya untuk membuat tim lebih baik,” tandasnya.

Perlu diketahui, MU adalah satu-satunya tim yang mengalahkan Arsenal di Liga Inggris musim ini. Maka, hasil ini sekaligus menuntaskan pembalasan pada putaran pertama.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media