Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Arsenal Diminta Terus Tancap Gas

Bukayo Saka menundukkan kiper Liverpool, Alisson Becker.

LONDON  – Arsenal meraih kemenangan 3-1 saat menjamu Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (4/2) malam WIB. Laga diwarnai gol bunuh diri Gabriel Magalhaes, blunder fatal Alisson Becker dan kartu merah Ibrahima Konate.

Tuan rumah sudah memimpin pada menit ke-14 berkat gol Bukayo Saka. Liverpool yang kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama, malah kemudian memperoleh gol bunuh diri dari Gabriel Magalhaes pada menit ke-45.

Lalu blunder fatal Alisson, saat gagal menyapu bola, dimanfaatkan Gabriel Martinelli untuk mengembalikan keunggulan Arsenal. Leandro Trossard lantas menegaskan kemenangan mereka pada menit ke-92, setelah Liverpool kehilangan Konate yang diusir wasit.

Kemenangan ini menghadirkan momentum penting buat Arsenal. Ini hasil yang dibutuhkan untuk tancap gas lagi di persaingan meraih gelar Liga Inggris.

Arsenal melepaskan lebih banyak tembakan dan peluang on target ketimbang lawannya. Barangkali yang bikin kecewa Arsenal adalah kebobolan gol bunuh diri. Kurang cermatnya William Saliba mengawal Luis Diaz  serta kurang sigapnya David Raya menjadi celah yang dimanfaatkan Liverpool.

“Khusus dengan performa yang kami tunjukkan di babak pertama dan peluang-peluang yang kami ciptakan, cara kami kebobolan itu menyakitkan rasanya. Kami tak boleh mengasihani diri sendiri, kami butuh untuk bereaksi dan masih banyak hal untuk dikejar, kami masuk lapangan dan sedikit kesulitan,” manajer Arsenal Mikel Arteta kepada Sky Sports.

Walau demikian Arteta tetap senang dengan hasil yang diraih timnya. Kemenangan itu berasal dari penampilan luar biasa para pemain Arsenal. “Itu adalah pertandingan yang luar biasa, saya pikir itu adalah penampilan yang luar biasa dari para pemain dan orang-orang kami, atmosfer yang kami hasilkan di stadion adalah yang terbaik yang pernah saya lihat musim ini, kami menuntut itu,” kata Arteta.

Manajer asal Spanyol itu juga mengakui, sangat sulit untuk menumbangkan The Reds. “Kami harus naik ke level yang berbeda dan menghubungkannya lagi dengan tuntutan yang dimiliki liga ini di setiap pertandingan dan mereka merespons dengan cara yang luar biasa dan saya pikir para pemain benar-benar meninggalkan segalanya,” tutur Arteta.

Meski diwarnai insiden kecil, Arsenal tetap tampil rapi dan disiplin. Declan Rice menyebut seluruh tim sefokus itu mengamankan tiga poin. Hal ini membuat kiper David Raya tak mengalami banyak ancaman. Sepanjang laga, hanya satu peluang on target yang dimiliki Liverpool.

“Kami tahu pentingnya laga ini, margin-margin kecil dalam sepakbola akan sangat menentukan, gapnya bisa lebih besar atau lebih kecil  Satu-satunya fokus dari semua orang adalah menang dan mendapatkan tiga poin. Dari awal sampai akhir, penampilannya sudah sangat positif dan saya rasa Anda bisa merasakannya,” ujar Rice kepada Sky Sports.

Di pihak Liverpool,  manajer Juergen Klopp menolak menyalahkan  Alisson Becker dan Virgil van Dijk. “Kami berkembang di dalam permainan, di babak kedua, kami memiliki momen-momen kami dan kemudian kebobolan gol itu. Itu tidak membantu, hanya menunjukkan bahwa pemain adalah manusia biasa. Kami benar-benar hanya manusia biasa. Secara keseluruhan kami bisa mengakui bahwa Arsenal pantas mendapatkan tiga poin,”  kata Klopp di Reuters.

Van Dijk sendiri mengaku salah telah membuat blunder. Bek Liverpool itu berjanji, kesalahan semacam itu tidak akan terulang lagi.

Gol itu lahir tidak lepas dari kesalahan Van Dijk karena tidak cepat-cepat membuang bola saat mengawal Martinelli di dekat kotak penalti. Alisson kemudian buru-buru keluar dari sarangnya, tapi juga gagal melakukan sapuan. Dalam posisi bebas, Martinelli dengan mudah mencetak gol ke gawang Liverpool yang kosong.

“Hari yang berat. Gol untuk skor 2-1, saya bertanggung jawab penuh untuk itu. Saya seharusnya melakukan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih baik dan rasanya menyakitkan.  Hal-hal semacam ini tidak sering terjadi, tapi saya akan bangkit dan bertanggung jawab,”  ungkap Van Dijk kepada Sky Sports.

Hasil ini tak mengubah posisi Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris, dengan 51 poin dari 23 laga. Sementara Arsenal berhasil menipiskan jarak menjadi dua poin.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media