Arsenal Atasi Leicester City, Tepis Kekhawatiran Arteta

LEICESTER –  Arsenal bisa mencuri kemenangan  di kandang Leicester City pada lanjutan Liga Inggris. Dalam pertandingan di King Power Stadium, Minggu (28/2) malam WIB itu, Arsenal ketinggalan lebih dulu lewat gol Youri Tielemans. Namun Arsenal mampu membalas  lewat David Luiz, Allexandre Lacazette dan Nicolas Pepe.

Kemenangan 3-1 ini, membuat  The Gunners  Arsenal berada di posisi kesembilan klasemen dengan raihan 37 poin. Sementara, The Foxes tetap di posisi ketiga dengan raihan 42 angka.

Kemenangan ini tentu saja menepis kekhawatiran Mikel Arteta bahwa timnya kelelahan. Pasalnya kondisi Arsenal kurang ideal karena harus menjalani jadwal padat pekan ini. Mereka bermain empat kali hanya dalam rentang sembilan hari.

“Dari tingkat kesulitan yang dihadapi pada laga ini, para pemain berhak mendapatkan banyak pujian. Saya sangat bangga dengan para pemain. Sebenarnya saya khawatir saat datang ke laga ini; kami telah memainkan banyak pertandingan. Namun, jangan bicara tentang kelelahan. Kami baru saja meraih hasil ini,” ujar Arteta dikutip dari BBC.

Ia pun memuji para pemainnya yang tampil dengan performa bagus. “Mereka adalah salah satu tim paling berbahaya di liga saat Anda menghadapi mereka dalam kondisi tertinggal. Reaksi kami luar biasa dengan tim terlihat sangat dewasa. Kami bermain dengan menunjukkan hal-hal yang luar biasa,” kata Arteta.

Khusus untuk Willian, ia  sudah mulai menunjukkan kehebatannya bersama Arsenal. Winger asal Brasil itu sebelumnya dianggap  kurang oke bersama Meriam London.

Arteta menilai, Willian sudah berkembang. Pemain 32 tahun tersebut juga tidak pernah puas dengan apa yang sudah ditampilkan sehingga bisa mengoreksi kekurangannya.

 “Dia sangat bagus. Kami telah melihat itu dalam latihan beberapa minggu terakhir. Dia membangun kembali dirinya sendiri dan dia tidak menerima situasinya. Saya pikir dia adalah pemain yang mengubah permainan melawan Benfica di beberapa saat terakhir ketika dia masuk, dan hari ini saya pikir dia hebat,” kata Arteta.

Willian sendiri sudah tampil 19 kali untuk Arsenal di Liga Inggris. Ada 13 penampilan sebagai starter dan baru empat kali bermain penuh.

Berikut ini delapan data-fakta kemenangan Arsenal atas Leicester di King Power Stadium, seperti dilansir dari Opta.

Leicester menderita kekalahan beruntun di semua kompetisi untuk pertama kalinya sejak Desember. Kali terakhir mereka kalah dua kali berturut-turut di Stadion King Power yakni pada bulan Oktober (tiga kali berturut-turut).

Arsenal mengakhiri empat pertandingan tanpa kemenangan melawan Leicester di Premier League. Ini menjadi kemenangan pertama mereka atas Leicester di liga sejak Oktober 2018 (3-1 di bawah asuhan Unai Emery).

Leicester kalah dalam dua pertandingan kandang terakhir di Premier League ketika mereka mencetak gol pembuka (1-3 vs Leeds dan Arsenal). Jumlah tersebut sama dengan kekalahan kandang yang mereka alami dalam 54 pertandingan liga sebelumnya ketika mencetak gol pertama (48 menang dan 4 seri).

 Ini adalah kemenangan tandang pertama Arsenal melawan tim yang menempati tiga besar klasemen Liga Inggris sejak Januari 2015 (2-0 vs Manchester City). Mereka tidak pernah menang dalam 14 pertandingan sebelumnya melawan tim tiga besar (3 seri dan 11 kalah).

Nicolas Pepe menyamai jumlah golnya di Liga Inggris bersama Arsenal musim lalu. Dia sudah mencetak lima gol musim ini dalam 18 penampilan.

Di laga lain, Liverpool memetik kemenangan atas Sheffield United, dalam laga yang berlangsung di Bramall Lane, Senin (1/3) dinihari WIB, Liverpool menang 2-0  lewat gol  Curtis Jones dan gol bunuh diri Kean Bryan.

Liverpool menguasai pertandingan degan 60,7 persen penguasaan bola. Mereka mampu melepaskan 16 tembakan dan 8 di antaranya mencapai sasaran.

Sementara laga Chelsea  kontra  Manchester United di Stamford Bridge, Minggu (28/2)   selesai tanpa pemenang. Duel Si Biru dengan Setan Merah berakhir 0-0 dan dinilai tak memberikan sajian yang menghibur. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp