International Media

Sabtu, 25 Juni 2022

Sabtu, 25 Juni 2022

Anies: Pemprov DKI tak Ingin Memonopoli Pembangunan Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

JAKARTA- Hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta ke-495 jatuh pada, Rabu (22/6). Diketahui, tema yang diambil pada tahun ini yaitu kolaborasi, akselerasi, dan elevasi. Dalam amanatnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan apa arti tema yang diambil pada tahun ini.

Adapun kolaborasi yang dilakukan oleh pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bahwa tidak ingin memonopoli kegiatan pembangunan Jakarta.

“Ini tempat berkumpulnya sumber daya. Tidak ada kota lain di Indonesia yang memiliki jumlah private sector sebanyak Jakarta, tidak ada yang punya NGO sebanyak Jakarta, tidak ada yang punya institusi internasional sebanyak Jakarta,” kata Anies dalam amanatnya.

Menurut Anies, Jakarta merupakan tempat berkumpul segala bentuk institusi. Maka dari itu sangat disayangkan apabila pembangunan di Jakarta hanya dimonopoli oleh Pemprov.

“Maka pendekatan yang dilakukan adalah kolaborasi dan alhamdulillah perjalanan kolaborasi selama beberapa tahun ini telah menghasilkan kemajuan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat di Jakarta,” ucapnya.

Dikatakan Anies, pihaknya ingin melakukan percepatan agar semua tugas yang dilakukan dapat menjangkau dengan cepat dan memberikan pesan bahwa Jakarta adalah kota elevasi naik kelas.

“Jakarta bukan sekadar sentralnya kegiatan-kegiatan kebudayaan pemerintahan di Indonesia tetapi Jakarta telah diakui sebagai kota yang bisa dicontoh oleh kota lain di dunia. Itulah contoh sebuah kota global yang hari ini menjadi perhatian dunia internasional,” ungkap Anies.

Di sisi lain Anies mengungkapkan, ulang tahun Jakarta saat ini disebut sebagai Jakarta Hajatan yang memiliki makna selebrasi atas semua capaian dan kerja keras yang dilakukan oleh seluruh unsur masyarakat.

“Ulang tahun Jakarta kita sebut sebagai Jakarta hajatan ini adalah bahwa kita merayakan perjalanan Jakarta. Hajatan memiliki makna selebrasi atas semua capaian, kerja keras yang dilakukan oleh seluruh unsur masyarakat karena itulah kali ini kita menamakan bukan sekarang sekadar hari ulang tahun tapi sekaligus Jakarta hajatan atau celebrate Jakarta,” kata Anies. ***

Prayan Purba

Komentar

Baca juga