Anies dan Istri Habiskan Libur Akhir Pekan di Taman Anggrek Ragunan

Anies Baswedan dan istri saat berada di Taman Angrek Ragunan. /istimewa

RAGUNAN – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama sang istri,menghabiskan waktu libur akhir pekan di  Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan. Anies sekaligus meninjau situasi usaha mikro kecil menengah (UMKM) ditengah pandemi Covid-19.

Di Taman Anggrek yang yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan, tersedia 47 kavling untuk petani anggrek. Selain anggrek tersedia tanaman hias lainnya berdasarkan hasil budidaya.

“Katakan dengan bunga, bila bunga itu anggrek, maka ada puluhan jenis dan warnanya sampaikan maksud kita atau sekedar menjadi penyejuk mata,” ucap Anies dalam akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Minggu (4/4/).

Anies mengatakan, ditemani cuaca hujan kecil pagi ini menambah nuansa kesegaran pada deretan tanaman hias. Anies yang menggunakan topi caping terlihat lebih leluasa memilih tanaman disana.

Anies mengunjungi satu demi satu kavling untuk mencari anggrek pilihannya. Hingga akhirnya dirinya menepi di kavling 12 untuk membeli satu anggrek.

“Kebetulan pula di kavling ini kami membeli satu anggrek,” jelasnya.

Salah satu petani anggrek, Pak Haji sapaan akrabnya bercerita dirinya menjadi petani anggrek sejak masa krisis (1998). Krisis memang sering kali datangkan kesempatan dan jalan baru.

“Tanaman ini tahan banting, Pak. Cuaca berubah seperti apapun, anggrek ini lebih mampu bertahan,” rayu Pak Haji kepada Anies agar membeli anggreknya.

Saat berada di kavling  17  dengan ciri khas payung Bali di pintunya, Anies yang ditemani istrinya bertemu Bu Helena asal Solo. Anies dijamu di cafe kecil tersebut, secangkir kopi menghangatkan obrolan tersebut.

Anies mengatakan, Bu Helena baru enam tahun di taman anggrek di loksi itu. Di tengah pandemi ide kreatif pun muncul untuk mendekorasi kavlingnya, agar pengunjung pun nyaman.

“Setiap kavling punya ciri khas sendiri, tak cukup mampir ke satu kavling bila ingin lihat luas ragam tanaman yang ada,” katanya.

Anies menuturkan, selama pandemi Covid-19 para petani anggrek disini tetap baik. Sebagian petani berekspansi berjualan lewat daring.

“Tak kalah oleh anggrek liar dari hutan, para petani anggrek dan tanaman hias disini dapat menunjukkan keuletannya,” katanya. Anies mengajak warga DKI menghabiskan waktu libur akhir pekan untuk melihat ragam anggrek dan tanaman hias lainnya di taman anggrek Ragunan, Jakarta Selatan.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp