Monday, 26 February 2024

Search

Monday, 26 February 2024

Search

Angka Diabetes Pada Anak Meningkat, Lions Clubs Lakukan Pemeriksaan Gula Darah Gratis Pada Siswa Bina Bangsa School

Gubernur Lions Club Distrik 307 B1 Erijanto Djajasudarma (kedua dari kiri) menyaksikan pelayanan pemeriksaan gula darah.

JAKARTA— Lions Clubs International District 307-B1 Indonesia melalui LCJ Mitra Anyelir bersama LeCJ Bina Bangsa dan PT Abbott Indonesia menggelar pemeriksaan gula darah gratis bagi siswa SMP Bina Bangsa School.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Aula Bina Bangsa School, Jakarta Barat, Jumat (14/4).

         Pemeriksaan gula darah  ini, disambut antusias oleh para siswa-siswi. Mereka begitu semangat untuk memeriksakan  gula darahnya.

         Ketua Panitia Mey Lianny memberikan apresiasi semangat dari para siswa untuk memeriksakan gula darahnya. Antusias dari siswa ini, menunjukan siswa SMP Bina Bangsa begitu peduli dengan kesehatannya.

         Mey mengatakan bahwa data dari Kementerian Kesehatan jumlah diabetes pada anak terus meningkat. Hal inilah yang membuat LCJ Mitra Anyelir bersama LeCJ Bina Bangsa terpanggil untuk melakukan deteksi dini terhadap kadar gula darah pada anak.

         “Berdasarkan data yang kami lihat dan terima dari Kementerian Kesehatan, jumlah diabetes pada anak jumlahnya  berkali-kali lipat sejak tahun 2010,  untuk itu kami Lions Club memberikan perhatian khusus melakukan pengecekan gula darah sejak dini kepada anak-anak,” kata Mey.

Mey melanjutkan, bagi siswa yang terdeteksi gula darahnya  tinggi akan ditindaklanjuti dengan memberitahu kepada orang tua untuk segera melakukan  pencegahan.

         “Pasti ada kesinambungan setelah kami mengetahui hasil atau riset dari pemeriksaan ini, kami akan me-follow up kepada sekolah dan orang tua untuk menangani lebih lanjut kepada anak-anak atau siswa yang terdeteksi diabetes,” ujarnya.

         “Harapannya dari kegiatan ini, Indonesia bisa sehat. Jadi sejak anak-anak usia sekolah, mereka sudah aware untuk kesehatan, sehingga kedepannya mereka menjadi bangsa yang lebih sehat,” imbuhnya.

         Pada kesempatan ini, Mey berterima kasih kepada para Fellow Lions yang membantu jalannya kegiatan. Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan Mey kepada PT Abbott Indonesia dan Bina Bangsa School yang telah mendukung pemeriksaan gula darah ini.

         “Kegiatan ini adalah kegiatan pertama dan tidak menutup kemungkinan akan berlanjut ke sekolah-sekolah lain, tutup Mey.

         Gubernur Lions Indonesia Clubs Internasional  Distrik 307 B1 Erijanto Djajasudarma yang hadir ke lokasi kegiatan, menyambut baik pemeriksaan gula darah kepada para pelajar.

Menurutnya kegiatan ini menjadi salah satu program yang difokuskan Lions Club International.

         Dia pun berharap dengan kegiatan ini, anak-anak semakin peduli dengan kesehatan, apalagi penyakit diabetes adalah penyakit yang menjadi perhatian di seluruh dunia karena tingkat keparahannya cukup tinggi.

         Menurut Erijanto, selain pemeriksaan gula darah, Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307 B1 juga akan melakukan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya pemeriksaan diabetes sejak dini. Diharapkan dengan edukasi tersebut, masyarakat akan sadar pentingnya mencegah penyakit diabetes.

         “Jadi kegiatan ini akan berlanjut terus, setelah ini akan ada edukasi, apa sih diabetes dan lain-lain dan jika terdeteksi juga akan diberikan edukasi kepada si anak dan juga kepada orangtua,” kata Erijanto.

         Erijanto mengajak Lions Club di bawah naungan Distrik 307 B1 untuk melakukan kegiatan serupa agar anak-anak Indonesia dapat terhindar dari penyakit diabetes. ***

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media