International Media

Kamis, 19 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022

Aleix Espargaro Menang di Argentina

Aleix Espargaro, Pebalap Aprilia.

TERMAS DE RIO HONDO – Aleix Espargaro dari tim Aprilia sukses menjadi pemenang MotoGP Argentina 2022. Pebalap 32 tahun itu menorehkan akhir pekan yang sempurna di Termas de Rio Hondo

Pada ajang balapan Senin (4/4) dinihari WIB, Aleix berhasil mengalahkan Jorge Martin dari Pramac Ducati untuk menggapai podium tertinggi MotoGP Argentina. Padahal ia hampir selalu di posisi kedua sepanjang balapan. Posisi ketiga ditempati Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR).

Hasil ini menciptakan sejarah bagi Aprilia dan Aleix. Keduanya, baik pebalap dan konstruktor, sama-sama mencatatkan kemenangan perdana di kelas MotoGP.

Raihan ini semakin terasa manis jika melihat catatan di hari sebelumnya. Aleix Espargaro dan Aprilia juga berhasil menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas dan juga mengunci pole position.

Pada sesi kualifikasi, Aleix berhasil mencatat waktu 1 menit 37,688 detik, sekaligus mencatat pole position pertamanya untuk Aprilia. Ia puas dengan kerja kerasnya selama ini, yang akhirnya membuahkan hasil.

“Ini bukan keberuntungan atau balapan basah, sekarang kami memimpin (klasemen). Saya sungguh bahagia karena saya merasa kejuaraan ini adalah yang tersulit karena level persaingannya. Buat saya, jelas saya senang bisa memenangkan balapan, tapi tak ada yang berubah secara pribadi,” ujar Aleix, dikutip Crash.

Kemenangan ini menjawab penantian panjang Aleix Espargaro setelah 200 balapan. Diawali Ducati pada 2009-2010, lalu ke ART pada 2012/2013, lalu Forward Yamaha pada 2014, Suzuki pada 2015-2016 sebelum berlabuh di Aprilia sejak 2017. Butuh pengorbanan besar untuk Aleix bisa meraihnya.

Hasil itu membawanya naik ke posisi pertama klasemen sementara MotoGP 2022 mengoleksi 45 poin dari tiga race. Brad Binder dari tim KTM berada di posisi kedua dengan 38 poin, sementara Enea Bastianini (Gresini Racing) turun ke posisi tiga dengan 36 poin.***

Vitus DP

Komentar