International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Aksi Petugas Satlantas Karawang Edukasi Pelanggar Lalu Lintas Tuai Simpati

Anggota Satlantas Polres Karawang eduksi pelanggar lalu lintas menuai simpati dari warga.

JAKARTA – Aksi petugas Satlantas Polres Karawang  mengedukasi sejumlah pelanggar lalu lintas menuai simpati publik.  Hal ini sebagaimana postingan akun TikTok @Satlantas_Karawang.

Dalam video tersebut, tampak seorang  petugas Polantas sedang mengedukasi ibu-ibu pengendara sepeda motor yang melawan arus. Petugas meminta pengendara tersebut tertib berlalu lintas sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

“Ini lawan arus Bu. Gimana cara memberi tahunya kalau ada pelanggaran di sini supaya Cikampek Karawang tertib,” demikian keterangan dalam video tersebut, dikutip pada Senin (24/10).

Petugas Satlantas itu lalu mempersilakan ibu-ibu tersebut untuk balik arah dan tak lupa mengingatkannya untuk menggunakan helm saat berkendara.

Selain itu, petugas juga mengedukasi pengendara bak terbuka. Dalam mobil tersebut, terdapat ibu-ibu yang menumpang di belakangnya. Petugas mengingatkan kendaraan tersebut bukanlah untuk mengangkut penumpang, melainkan barang. Hal ini demi keselamatan.

“Kendaraan ini enggak boleh bawa orang. Ini buat bawa barang buat keselamatan semua,” katanya.

Petugas juga meminta sopir bak terbuka untuk tidak mengulangi perbuatannya. Sementara ibu-ibu yang naik mobil pikap diminta untuk naik angkutan umum.

“Jangan diulangi ya. Nah ini ada barang, ada sayuran enggak apa-apa. Ibu mah naik angkutan umum. Jangan diulangi, Bah,” kata petugas.

Petugas juga menemukan truk parkir sembarangan di bahu jalan. Sopir truk diminta tidak mengulangi kebiasaan buruk tersebut.

“Jangan diulangi ya. Dapat informasi dari masyarakat katanya bapak kebiasaan parkir bergiliran. Kebiasaan buruk pak. Jangan parkir di sini ya,” ujar petugas kepada sopir truk.

Sementara itu, dalam postingan tersebut, petugas meminta masyarakat untuk dapat tertib berlalu lintas mulai dari diri sendiri.

“Kita mulai kebiasaan tertib berlalu lintas dari diri kita sendiri dan mulai dari sekarang deal ya. Tos dululah,” katanya.

Postingan berisi edukasi kepada pelanggar lalu lintas ini disukai 398 ribu netizen. Selain itu, postingan ini menuari ragam komentar positif dari netizen. “Ini adalah contoh polisi yang sebenarnya. Andai semua polisi kaya gini,” tulis akun @sila*****.a**. ***

Osmar Siahaan

Komentar