Aksi Kemanusiaan Pengurus Daerah dan Cabang Perhimpunan INTI di Sejumlah Daerah

Penyerahan bantuan bagi korban banjir oleh Perhimpunan INTI Jatim dan Gusdurian.

JAKARTA –Perhimpunan Indonesia TIonghoa (INTI), baru saja mendapatkan penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk Kategori Perseorangan, Masyarakat dan Kelompok.

Paket bantuan Perhimpunan INTI Jatim.

Penyerahan penghargaan ini diberikan pada hari kelima atau penutupan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (10/3).

Pemberian penghargaan ini menambah semangat seluruh Pengurus Cabang dan Pengurus Daerah untuk berkontribusi langsung membantu masyarakat yang membutuhkan, disekitar wilayah masing masing sesuai arahan Ketua Umum Perhimpunan INTI Tedddy Sugianto.

Aksi Sosial di Tangerang Selatan.

Sejumlah daerah yang melakukan aktivitas bantuan kemanusiaan dilaporkan dalam group whatsapp Perhimpunan INTI antara lain Perhimpunan INTI Jawa Timur, bersama Gusdurian Penduli dan Roemah Bhinneka Kota Surabaya pada Sabtu (13/3) menyalurkan bantuan sembako kepada para korban bencana banjir bandang di Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro.

Bantuan tersebut di antaranya diberikan kepada masyarakat Desa Gondang, berupa 100 paket Sembako, 25 kasur lipat dan pakaian dalam.

Ketua Perhimpunan INTI Jawa Timur Gatot Seger yang terjun langsung menyampaikan, merasa terpanggil atas musibah yang melanda Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro, setelah mendapat kabar dari Gusdurian Bojonegoro.

“Sebagai sesama warga Negara Indonesia, kita merasa terpanggil atas musibah yang menimpa saudara kita di Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro,” tutur Gatot Seger, seraya menambahkan bahwa bantuan tidak memandang suku, ras dan agama.

Kemudian Perhimpunan INTI Kota Sukabumi juga melakukan aksi kemanusiaan dengan donor darah pada Minggu (14/3), di Komplek Pertokoan Odeon, Danalaga, Kota Sukabumi.

Dari berbagai Komunitas pun ikut hadir dalam kegiatan yang menerapkan protokol Kesehatan.

Menurut  Wakil Ketua Perhimpunan INTI Sukabumi, Gunawan, gerakan donor danar dilakukan secara rutin bekerja sama sejumlah komunitas guna membantu pemenuhan stok darah PMI.

Perhimpunan INTI Tangerang, 14-15 Maret 2021, melakukan aksi membagikan bahan pokok ke sejumlah wilayah yaitu warga korban kebakaran di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang.

Bantuan untuk warga  kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat. Warga di kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, dan warga di kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Cputat.

Dan juga paket sembako untuk korban banjir dan warga yg membutuhkan. Sasaran antara lain Perumahan Taman Mangu korban banjir 20 orang lokasi di Jurang Mangu Barat dan 10 orang.

Perhimpunan INTI PC Bulukumba  di Kota Bulukumba, Selasa (16/3) melakukan aksi kemanusiaan dengan program pelaksanaan vaksinasi bersama Bupati Bulukumba di Kantor Bupati.

Aksi Sosial Perhimpunan INTI di Lampung.

Lalu Perhimpunan INTI Lembata, NTT, melakukan aksi kemanusiaan dengan mengadakan vaksinasi, yang didukung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lembata.

Perhimpunan INTI Lampung juga melakukan aksi sosial dengan membagikan beras kepada warga terdampak Covid-19.

Penyerahan bantuan dari Perhimpunan INTI Malang.

Dan tak ketiggalan Perhimpunan INTI Malang turut membantu pemerintah dalam  penanganan Covid-19  dengan membantu Panti Asuhan Bhakti Luhur Kota Malang. bam

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp