Aksi Heroik Seorang Polwan Tangkap Perampok Bersenjata

Aiptu Dian saat mendapatkan penghargaan. (foto ist)

SERANG  – Aiptu Dian Siti Khodijah, Polisi Wanita (Polwan), anggota Rorena (Perencanaan dan Anggaran) Polda Banten, mendapatkan Reward dari Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karorena), atas keberaniannya menangkap perampok minimarket di Jembatan Bogeg, Jalan Raya Syeh Nawawi Al Bantani, Kota Serang, sekitar pukul 12.00 WIB, Jumat (17/9) lalu.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karorena), Polda Banten Kombes Wingky Adhityo Kusumo, saat apel pagi di Mapolda Banten, Senin (20/9).

Kombes Wingky Adhityo Kusumo menjelaskan dalam arahannya, bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap tindakan pengamanan pelaku pencurian dengan kekerasan yang terjadi di wilayah Ciceri oleh Aiptu Dian.

“Perlu saya tegaskan, bahwa secara umum semua Personel di Satker Rorena Polda Banten telah bekerja secara maksimal, tetapi kami perlu memberikan apresiasi kepada personel yang memiliki semangat kerja lebih dari yang lain dan melebihi panggilan tugasnya,” kata Wingky Adhityo.

Ke depan kata Wingky Adhityo, penghargaan ini dapat memacu motivasi personel lainnya untuk lebih meningkatkan kinerja dan tetap peduli dengan lingkungan sekitar dengan tidak melupakan jati diri kita sebagai Polisi, walaupun kita bekerja distaf bidang pembinaan perencanaan dan anggaran.

Perampok minimarket terjadi di Jembatan Bogeg, Jalan Raya Syeh Nawawi Al Bantani, Kota Serang, sekitar pukul 12.00 WIB, Jumat (17/9). Pelaku melarikan diri menggunakan kendaraan mobil jenis Ayla berplat nomor A 1511 AU melaju ke arah Kota Serang.

Salah seorang pegawai minimarket sempat mengejar pelaku, namun pelaku mencoba menembak pegawai minimarket dan mengenai lengan kiri. Beruntung, korban hanya mengalami luka lecet.

Kapolres Serang AKBP Maruli Ahiles Hutapea membenarkan jika pelaku saat melarikan diri, menembak karyawan yang mengejarnya.

“Pelaku sempat menembak karyawan minimarket dengan menggunakan senjata air softgun, saat pegawai berusaha” kata Kapolres.

Usai itu, pelaku saat hendak melarikan diri, namun anggota PJR Polda Banten Bripka Benny, yang tengah patroli melihat kejadian itu, langsung mengejarnya, Aksi kejar-kejaran pun tak terhindarkan.

Pelaku akhirnya berhasil dihentikan di depan Kantor KPPN Serang Kota JI. KH. Abdul Fatah Hasan, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang. Pelaku yang tidak mau menyerah kemudian menabrak Bripka Benny hingga terjatuh.

Disaat bersamaan, Brigadir Ira Rachmi, dan Aiptu Dian Ba Ro Rena yang juga tengah patroli melihat kejadian itu, dilangsung membantu mengamankan pelaku.

“Anggota PJR pak Benny sempat terjatuh karena disenggol oleh mobil pelaku, namun akhirnya pelaku berhasil ditangkap tanpa perlawanan. Pelaku sudah kami bawa dan periksa,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan. Kata Kapolres, pelaku melakukan aksinya sudah 12 kali karena kebutuhan ekonomi. “Pelaku karena faktor ekonomi makanya melakukan aksi itu, dia menjual hasil curiannya untuk kebutuhan sehari-hari,” lanjutnya. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa minyak bayi hasil curian pelaku, satu air softgun, serta pakaian pelaku.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp