International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Akses Wisata Anyer Macet Parah, Antrean hingga 20 Kilometer

Kepadatan wisatawan yang hendak berkunjung ke kawasan wisata Pantai Anyer Cinangka, Kota Cilegon, Rabu (4/5).

CILEGON- Ribuan wisatawan sejak pagi mengunjungi kawasan wisata pantai Anyer, Banten di hari ketiga lebaran, Rabu (4/5).

Adapun volume kendaraan calon wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan wisata Pantai Anyer terpantau mengalami kemacetan panjang di pertigaan jalan lingkar Selatan, Kota Cilegon, Banten.

Kepala Pos Pam V Ciwandan, Iptu Dadang Jumana mengatakan, kondisi ini membuat kepolisian belum bisa menerapkan sistem one way. Pasalnya, kemacetan parah juga terjadi di kawasan wisata dari arah Carita, Pandeglang.

“Sementara untuk sistem buka tutup belum kita laksanakan, sehubungan dari arah wisata pun itu kondisinya total macet dan sama sekali tidak bergerak,” kata Iptu Dadang Jumana, Rabu (4/5).

Dadang menjelaskan, ribuan kendaraan roda empat hingga bus pariwisata tak berjalan karena penuhnya lajur dari arah Tol Cilegon Timur ke arah Anyer, begitu pun sebaliknya.

Antrean kendaraan wisatawan yang menimbulkan kemacetan mengular sepanjang hingga 20 kilometer baik di kawasan wisata maupun di wilayah kota. Hingga siang ini terpantau, wisatawan mulai berdatangan dari dalam daerah maupun luar daerah Banten

Menurut Iptu Dadang, petugas kepolisian yang berjaga, akan memberlakukan sistem one way, jika kendaraan wisatawan dari arah anyer menuju kota sudah mulai terurai.

Pihak kepolisian memprediksi, antrean ribuan kendaraan yang hendak berlibur ke kawasan wisata pantai Anyer akan terus bertambah.

“Kita tunggu dulu kendaraan dari arah wisata keluar, jadi bertahap. Kalo situasi saat ini diberlakukan one way tidak akan jalan semuanya,” jelasnya.

“Kemungkinan ini ekor kemacetan kendaraan akan terus bertambah hingga mencapai kawasan PCI atau tol Cilegon Barat,” tambahnya.

Polda Banten melakukan tiga skenario mengatasi kemacetan lalu lintas di jalur menuju Pantai Anyer. Kawasan wisata ini diprediksi bakal dipadati kendaraan para wisatawan dari luar maupun dalam daerah Banten yang akan menghabisi masa libur Lebaran bersama keluarga.

Ketiga skenario yaitu pertama situasi hijau ketika arus lalu lintas normal, maka personel melakukan pengaturan seperti biasa. Kedua, situasi kuning terjadi ketika ada antrean kendaraan hingga di depan kantor PT Chandra Asri, maka diberlakukan one way traffic. Ketiga situasi merah terjadi ketika kepadatan kendaraan hingga ke simpang JLS, maka rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan buka tutup dan one way traffic. ***

Prayan Purba

Komentar