Airin Minta Lansia di Tangsel Jadi Penerima Vaksinasi Covid-19 Prioritas

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmy Diani

TANGSEL- Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menyurati pemerintah pusat. Dalam surat tersebut, Airin meminta agar warga lanjut usia di wilayahnya menjadi prioritas penerima vaksin Covid-19.

Surat tersebut juga dikirim Airin untuk mewakili lansia di wilayah Tangerang Selatan yang belakangan ini kerap mempertanyakan kapan waktu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk mereka. “Yang menanyakan soal vaksinasi lansia pun banyak. Yang lansia bertanya, karena kan di DKI Jakarta banyak lansia yang sudah divaksin,” ujar Airin dalam keterangannya yang diterima, Rabu (3/3).

Menurut Airin, saat ini vaksinasi bagi warga yang berusia di atas 60 tahun baru dilakukan di wilayah Ibu Kota Provinsi. Dengan demikian, penyuntikan vaksin di Provinsi Banten baru dilakukan kepada lansia di Kota Serang. “Karena Tangerang Selatan masuknya ke Banten, maka Ibu Kota Provinsinya untuk yang lansia itu di Kota Serang. Tapi kami sudah bikin surat, kita sudah bermohon, koordinasi, berkomunikasi,” ungkapnya.

Untuk itu, Airin meminta pemerintah pusat agar memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia di Tangerang Selatan.

Pasalnya, Tangerang Selatan menjadi wilayah yang berdekatan dengan DKI Jakarta dan memiliki kasus Covid-19 lebih tinggi dibanding kabupaten/kota lain di provinsi Banten. “Tangerang Selatan yang beririsan dengan DKI Jakarta, dengan kasus yang cukup tinggi kan dibanding Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten, mudah-mudahan bisa menjadi skala prioritas untuk didahulukan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia di Tangerang Selatan dan kabupaten/kota lain di Provinsi Banten diperkirakan akan mulai pada akhir Maret ini. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji menjelaskan, vaksinasi untuk warga yang berusia di atas 60 tahun baru digelar di Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.
Hal tersebut sesuai dengan arahan pemerintah pusat bahwa vaksinasi warga lansia baru dilakukan di wilayah ibu kota provinsi di Tanah Air. “Untuk yang masyarakat lansia, yang vaksin di Serang adalah lansia yang berdomisili dan ber-KTP (kartu tanda penduduk) Kota Serang,” kata Ati melalui pesan singkatnya, Selasa (2/3). Vaksinasi Covid-19 warga lansia di kabupaten/kota, termasuk Tangerang Selatan, akan dilaksanakan pada akhir Maret 2021. Alasannya, Dinas Kesehatan Provinsi Banten masih menunggu pendistribusian vaksin Covid-19 untuk termin dua vaksinasi tahap kedua. “Masyarakat lansia yang di luar Kota Serang akan mendapatkan giliran pada vaksinasi tahap kedua termin dua,” kata Ati. “Rencananya akhir Maret ini Kemenkes akan mendistribusikan vaksin termin dua ke Provinsi Banten,” ujar dia. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp