Saturday, 13 July 2024

Search

Saturday, 13 July 2024

Search

Ahli Sebut Pemeriksaan Poligraf Sambo Cs Miliki Keakuratan 93 Persen

Saksi ahli poligraf bersaksi di sidang kasus pembunuhan Brigadir J.

JAKARTA – Saksi ahli Poligraf, Aji Febriyanto AR Rosyid menegaskan,  pemeriksaan poligraf diketahui memiliki keakuratan hingga 93 persen.

Dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E (Richard Eliezer), Ricky Rizal Wibowo, dan Kuat Ma’ruf, telah menjalani pemeriksaan poligraf.

“Apakah poligraf ini mempunyai ketepatannya berapa persen?” tanya Ketua majelis hakim, Wahyu Iman Santoso,  di persidangan, Rabu (14/12).

“Sesuai jurnal yang dikeluarkan Asosiasi Poligraf Amerika, untuk teknik yang kita gunakan ini memiliki keakuratan diatas 93 persen,” jawab Aji.

Dia menjelaskan, Poligraf adalah aktivitas pemeriksaan dengan menggunakan alat poligraf untuk menentukan seseorang itu apakah teridentifikasi bohong atau jujur. 

Sebelum berkas perkara dilimpahkan dalam pemeriksaan penyidikan, Aji telah memeriksa kelima orang terdakwa itu dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Selanjutnya Hakim mempertanyakan pada ahli Poligraf tersebut, standar tingkat keakuratan pemeriksaan Poligraf mencapai 93 persen.

Sedangkan 7 persennya bagaimana. Aji lantas menerangkan, 7 persen tersebut berada pada keekspertan dari seorang pemeriksa.

“Jadi tergantung pemeriksanya, kalau memiliki kepandaian maka dia bisa lolos atau bagaimana?” tanya hakim. “Semakin pandai seorang pemeriksa, maka nilai keakuratan pemeriksaan ini akan semakin tinggi, untuk nilai ambang bawahnya adalah 93 persen,” kata Aji.  ***

Admin

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media