International Media

Jumat, 27 Mei 2022

Jumat, 27 Mei 2022

Agum Gumelar Ingatkan Kopassus Harus Berisi dan Tidak Sombong

KSAD, Prabowo hingga Hendropriyono di satu meja. (foto istimewa).

JAKARTA – Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Agum Gumelar mengingatkan prajurit Korps Baret Merah berisi dan tidak sombong.

“Prajurit Kopassus harus menjadi prajurit yang berisi namun tidak sombong karena tantangan yang dihadapi saat ini lebih berat, yaitu tidak hanya menghadapi dunia nyata, namun juga menghadapi dunia maya,” kata Agum dalam keterangan tertulis pada acara syukuran HUT ke-70 Kopassus di Mako Kopassus, Jakarta, Sabtu (16/4).

Ia juga mengingatkan, Kopassus harus memegang teguh Sapta Marga dan menjadikannya sebagai pedoman dalam bertindak sehingga tidak menyimpang dihadapkan dengan situasi kekinian. Di samping itu, Agum juga meminta agar soliditas TNI-Polri tetap dijaga. Karena, TNI-Polri merupakan jaminan tetap kokohnya NKRI.

“Ancaman apapun yang datang tidak akan menggoyahkan NKRI selama TNI-Polri masih solid,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman meminta unsur pimpinan Kopassus dapat bertanggung jawab terhadap segala tindakan anggotanya termasuk berani mengambil risiko.

“Serta senantiasa melibatkan eselon terdepan dalam pengambilan keputusan karena eselon terdepan yang akan menerima dampak langsung dari keputusan itu,” kata Dudung.

Dudung menuturkan, berdasarkan sejarah maupun pengalaman selama bertugas, ia melihat satuan Kopassus selalu berhasil dan mengukir sejarah. Menurutnya, hal ini menjadi kebanggaan sekaligus menjadi tantangan bagi generasi penerus. Mengingat, musuh saat ini tidak terlihat. “Sehingga perlu melakukan langkah antisipasi dengan senantiasa memantau perkembangan situasi dan siap operasional sewaktu-waktu,” katanya.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga