Ade Yasin: Damkar Kab. Bogor Diharapkan Lebih Cekatan dan Taktis

Bupati Bogor Minta Damkar lebih cekatan dalam menjalankan tugasnya.

BOGOR (IM)- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor sebagai garda terdepan dalam penyelamatan, diminta semakin inovatif, semakin bergerak cepat dan taktis. 

Momentun peringatan hari lahir ini, agar menjadi semangat dalam motivasi untuk mengembangkan penyelamatan di wilayah Kabupaten Bogor. 

Hal ini disampaikan Bupati Bogor, Ade Yasin  saat menghadiri upacara peringatan HUT Damkar dan Penyelamatan Ke-102 di Gedung Dinas Damkar, Cibinong, Senin (1/3), yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian secara virtual.

“Hari ini kita peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar yang ke-102. Upacara dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dipimpin Menteri Dalam Negeri. Semoga kedepan Dinas Damkar Kabupaten Bogor semakin bergerak cepat dan taktis, sehingga dapat melakukan penyelamatan dengan maksimal,” tegas Ade Yasin.

Bahkan ia, mendukung tugas Damkar dan penyelamatan. Ada tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh wilayah Kabupaten Bogor yang sudah beroperasi, dan tiga UPT lainnya sedang persiapan.

“Kami punya 300 tenaga penyelamat dan 310 relawan kebakaran, mereka adalah tenaga-tenaga terlatih yang siap melakukan penyelamatan di segala medan,” terangnya. 

Tentunya mereka terus meningkatkan kemampuannya seiring dengan perkembangan zaman. Dilengkapi dengan armada  pemadam kebakaran saat ini kita punya 39 unit.

Menurutnya, kondisi ini jika dibandingkan dengan jumlah penduduk dan luas wilayah memang belum ideal, tapi kami terus melakukan optimalisasi pelayanan agar mereka dapat melaksanakan tugas penyelamatan dengan baik.

“Selama ini Damkar sudah berkolaborasi sangat baik dengan BPBD dan dinas-dinas terkait, sehingga setiap ada bencana mereka sudah turun langsung tanpa harus menunggu perintah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kebencanaan,” ujar Ade Yasin, politisi PPP ini. 

Dia mencontohkan, kemarin, saat banjir bandang di wilayah Puncak, dalam waktu dua minggu bisa diselesaikan, karena ada sinergi dan kolaborasi yang baik dari semua pihak. gio

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp