ABAIKAN PROKES, RAFFI AHMAD MINTA MAAF
Polisi: Lokasi Kafe Home Sean Gelael tak Terpantau, Berada di Perumahan

          JAKARTA (IM) – Kapolsek Kebayoran Baru, Komisaris Supriyanto mengakui bahwa pesta yang berlangsung di Kafe Home Sean Gelael dan dihadiri oleh Raffi Ahmad serta publik figur lainnya pada Rabu malam, 13 Januari 2021, tak terpantau oleh polisi. Pesta itu menjadi bermasalah karena digelar di massa pandemi Covid-19 dan terjadi pelanggaran protokol kesehatan.

          Supriyanto menjelaskan alasan pesta itu luput dari pengawasan pihaknya, karena letak kafe berada di area perumahan dan tak terlihat adanya pesta di sana.

           “Ga terpantau, karena itu lokasinya di perumahan gede-gede, ga keliatan ada kafe di sana,” ujar Supriyanto saat dihubungi, Kamis (14/1).

          Lebih lanjut, Supriyanto menjelaskan pihaknya sudah rutin melakukan patroli di kafe-kafe yang ada di sekitar Kebayoran Baru, dan tak ditemukan kafe yang melanggar aturan jam buka di saat PSBB ketat. Namun karena kafe Home Sean Gelael berada di perumahan dan berada di jalan sempit, polisi luput merazia tempat itu.

          Ia mengatakan ada kemungkinan acara semalam juga hanya mengundang sejumlah tamu khusus saja. Namun, Supriyanto memastikan hal itu tetap termasuk pidana karena menciptakan kerumunan orang yang melanggar protokol kesehatan. “Ga boleh ada kerumunan. Walaupun itu private party,” kata Supriyanto.

Pemilik Rumah akan Dipanggil

          Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Supriyanto juga menyatakan bakal memanggil penanggung jawab acara tersebut. Pihaknya Kamis pagi mengecek lokasi guna menindaklanjuti dugaan adanya kerumunan yang tak mengindahkan protokol kesehatan di sana.

           “Hari ini saya lagi rapat dulu. Iya kita mau tegur nanti kita akan panggil. Iya, iya begitu kita mau panggil nanti,” kata Supriyanto.

          Menurutnya kerumunan yang diduga merupakan sebuah pesta pribadi tersebut bukan berlangsung di sebuah kafe. Melainkan hanya rumah pribadi yang belum diketahui siapa pemiliknya.

           “Iya rumah gede-gede, rumah pribadi,” ujarnya.

          Supriyanto menuturkan pihaknya bakal berkoordinasi dengan camat di sana guna menindaklanjuti hal tersebut.

           “Enggak tahu tuh kita lagi cek lagi ini, nanti kita samperin ke sana. Ini saya lagi koordinasi sama Pak Camat,” tutur dia.

          Dalam video pesta yang beredar, tampak sejumlah publik figur dalam acara itu seperti Raffi Ahmad, Gading Marten, Anya Geraldine, Uus, Nagita Slavina, Once Mekel, hingga Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Mereka tampak bernyanyi dan berjoget bersama dalam kerumunan tanpa memakai masker dan tak menjaga jarak.

          Sebelum ikut dalam pesta tersebut, Raffi Ahmad diketahui baru saja menerima vaksin Covid-19 di Istana Merdeka bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Panglima TNI Marsekal Hadi Pranoto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Raffi menerima vaksin gelombang pertama itu sebagai perwakilan dari golongan anak muda.

Minta Maaf

          Selebriti Raffi Ahmad meminta maaf karena mengabaikan protokol kesehatan dengan berkerumun serta tanpa memakai masker saat menghadiri kegiatan setelah menjalani vaksinasi Covid-19. Suami Nagita Slavina ini mengakui salah.

          “Terkait peristiwa tadi malam, di mana saya terlihat berkumpul dengan temanteman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut,” kata Raffi Ahmad dalam akun instagramnya, Kamis (14/1).

          Raffi mengatakan, bahwa acara tersebut terjadi di rumah kerabat ayahnya. Dia pun mengakui bahwa kejadian tersebut adalah kecerobohan yang dibuat.

           “Jujur bahwa kejadian tadi malam adalah murni karena keteledoran saya, karena kesalahan saya,” ungkap Raffi .

          Raffi pun berjanji akan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Dia juga berharap seluruh pihak juga tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar covid-19.

           “Saya juga berharap teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan,” kata Raffi .

          Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menyebut pihaknya sudah menegur pesohor Raffi Ahmad karena tidak menjaga penerapan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi Covid-19.

           “Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi Covid-19 agar menaati prokes,” kata Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis (14/1). yan

Mika Urip

Mika Urip

Tulis Komentar

WhatsApp