46 Warga Positif Covid-19, Satu RW di Tangerang Lockdown

Ilustrasi Korona.

TANGERANG- 46 warga di Perumahan Dasana Indah di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang dinyatakan positif Covid-19 setelah 60 orang melakukan tradisi ‘munggahan’ pada 10 April lalu sebelum bulan puasa ke luar daerah. Akibatnya, satu RW lockdown untuk mengantisipasi penyebaran virus.

“Jadi itu mereka munggahan tanggal 10 April, kemudian tanggal 20 Aprilnya ada yang dirawat di RS, ada 4 orang positif setelah dites, akhirnya ketemu 46 orang positif,” kata Jubir Satgas Covid -19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Senin (26/4).

Mereka sebelumnya padahal sudah dilarang oleh petugas RT dan RW agar tidak melakukan munggahan apalagi ke luar kota. Akhirnya, dengan menggunakan bus, mereka pergi ke daerah di Bogor, Jawa Barat.

“Ke arah Bogor sana, itu yang dirawat pertama kali empat orang, tapi rata-rata mereka pada positif itu,” ujarnya.

Klaster ini tidak hanya menularkan pada peserta tout munggahan. Ada keluarga yang padahal hanya tinggal di rumah juga tertular korona. Makanya, Dinas Kesehatan sejak 22 April sudah melakukan tracing khususnya untuk RW 28.

“Mereka dibawa ke Yasmin minggu kemarin, hari ini kita tracing 72 orang,” ujarnya.

Bupati sendiri, kata Hendara, sudah meminta RW 28 agar lockdown. Anggota keluarga yang rumahnya ada yang positif diberikan bantuan oleh Dinas Sosial untuk sementara waktu. TNI dan Polri melakukan pengawasan agar warga dari RW ini tidak keluar sementara selama 14 hari ke depan.

“Kemudian besok ada pertemuan bupati dengan camat untuk mengingatkan lagi,” jelas Hendra. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp