International Media

Minggu, 22 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022

40 Juta Pemudik Lebaran Gunakan Kendaraan Pribadi

Menhub Budi Karya saat rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu 6 April 2022. (Foto tangkapan layar).

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan,  sebagian besar masyarakat akan menggunakan kendaraan pribadi saat mudik Lebaran tahun ini. Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Rabu (6/4).

Budi menyampaikan bahwa dalam survei kedua yang dilakukan kementeriannya pada tanggal 9-21 Maret 2022, hampir 80 juta atau sekitar 79,4 juta orang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

“Nah, beberapa hal yang menjadi perhatian kita dan menjadi catatan Presiden bahwa yang menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan motor) sebanyak 40 juta,” kata Budi dalam paparannya dalam rapat yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/4).

Masyarakat yang menggunakan transportasi umum seperti bus, mobil sewa, mobil travel, hingga taksi online jumlahnya sebanyak 26 juta. Sementara, untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api sebanyak 8 juta orang. Sementara, perjalanan laut sebanyak 1,4 juta orang. “Survei juga menunjukkan bahwa puncak mudik terjadi pada tanggal 29-30 (Mei 2022),” ujarnya.***

Osmar Siahaan

Komentar