Thursday, 28 March 2024

Search

Thursday, 28 March 2024

Search

Penembakan Massal Terjadi Lagi di California, Kali Ini 7 Orang Tewas

Tersangka penembakan massal di California ditangkap polisi.

CALIFORNIA – Tujuh orang tewas dalam penembakan di dua lokasi di kota Half Moon Bay di pantai California utara, Amerika Serikat (AS) pada Senin (23/1).

Tersangka ditangkap setelah mengemudi ke tempat parkir polisi, tampaknya berusaha menyerahkan diri, kata pejabat.

Penembakan di Half Moon Bay, sekira 30 mil (50 km) selatan San Francisco, terjadi setelah penembakan massal lainnya di kota Monterey Park di California selatan pada Sabtu (21/1) yang menewaskan 11 orang.

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan, ia sudah mengunjungi korban Monterey Park di rumah sakit ketika dia diberitahu tentang penembakan di Half Moon Bay, sekira 610 km ke utara.

“Tragedi demi tragedi,” kata Newsom di Twitter.

Badan advokasi pekerja pertanian mengatakan bahwa Half Moon Bay baru-baru ini dilanda serangkaian badai hujan lebat yang menyebabkan kerusakan parah, mempengaruhi para buruh imigran di daerah tersebut. Serangkaian sungai atmosfer dalam tiga minggu setelah Natal menewaskan 20 orang di seluruh California.

Sheriff Kabupaten San Mateo Christina Corpus mengidentifikasi tersangka sebagai Chunli Zhao, (67), dan mengatakan dia bekerja di salah satu lokasi penembakan. Corpus menyebut lokasi tersebut pembibitan, dan pejabat lainnya mengatakan bahwa mereka dikelola oleh pekerja pertanian.

“Ada pekerja pertanian yang terkena dampak malam ini. Ada anak-anak di lokasi kejadian. Ini adalah tragedi yang benar-benar memilukan di komunitas kami,” kata Pengawas Kabupaten San Mateo Ray Mueller kepada wartawan sebagaimana dilansir Reuters. “Jumlah stres yang dialami komunitas ini selama berminggu-minggu sangat tinggi.”

Tersangka bekerja sama dengan penyelidik tetapi motifnya belum diketahui, kata Corpus.

Pistol semi-otomatis ditemukan di mobilnya, katanya.

Deputi yang menanggapi panggilan menemukan empat orang tewas dan korban kelima dengan luka yang mengancam jiwa di lokasi pertama di Half Moon Bay, kemudian menemukan tiga lagi tewas di tempat lain di dekatnya, kata Corpus pada konferensi pers.

Video ABC 7 dari Bay Area menunjukkan penangkapan ketika dua pria berpakaian preman dan seorang wakil berseragam, dengan senjata teracung, memerintahkan pria itu keluar dari mobilnya. Tersangka keluar, dilempar ke tanah dan digeledah senjata. Beberapa petugas berseragam dengan cepat tiba di tempat kejadian dengan senjata laras panjang.

Corpus mengatakan para penyelidik berspekulasi bahwa tersangka pergi ke stasiun untuk menyerahkan diri. Deskripsi mobil dan pelat nomor sudah beredar di kalangan penegak hukum ketika seorang deputi melihat mobil itu di tempat parkir, kata Corpus. Ada 38 penembakan massal di Amerika Serikat dalam 21 hari pertama tahun ini, menurut Gun Violence Archive, yang menggambarkan penembakan massal sebagai empat orang atau lebih yang ditembak atau dibunuh, tidak termasuk penembaknya. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media