International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

20 November, Pemprov DKI Tetapkan Besaran UMP Tahun 2023

Ilustrasi- UMPi

JAKARTA- Pemprov DKI Jakarta segera menetapkan besaran upah minimum provinsi (UMP) tahun 2023. Penetapan akan dilakukan pada 20 November 2022 mendatang.
“Saat ini kita penetapannya sudah bukan 1 November lagi, tapi 20 November tahun berjalan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/10).
Andri menuturkan saat ini pihaknya tengah menunggu angka pertumbuhan ekonomi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta sebagai acuan penetapan upah minimum.
“Memang inflasinya sudah ada 4,5 persen, pertumbuhan ekonomi insyaAllah nanti akan dirilis BPS tanggal 7 November,” jelasnya.
Barulah setelah itu, pihaknya menunggu angka besaran tenaga kerja per rumah tangga yang disampaikan melalui Surat Edaran Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker RI). Adapun, dia memastikan penetapan UMP mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.
“Nah setelah ada angka-angka itu keluar, baru nanti kita akan melakukan sidang ya, untuk melakukan rumusan-rumusannya sudah ditetapkan melalui PP 36 Tahun 2021” terangnya. ***

Prayan Purba

Komentar