International Media

Sabtu, 21 Mei 2022

Sabtu, 21 Mei 2022

166.743 Polisi Dikerahkan Kawal Mudik Lebaran 2022

Ilustrasi

JAKARTA – Polri mengerahkan 166.743 personel ke lapangan untuk melakukan pengamanan dan penjagaan arus mudik  Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2022. 

“166.743 personel Mabes, Polda dan instansi terkait lainnya,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (13/4).

Personel yang dipersiapkan untuk menghadapi segala situasi saat mudik itu, nantinya juga akan bertugas untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat melalui posko-posko yang didirikan. 

“Polri nanti akan mendirikan pos pam (pengamanan) dan pos yan (pelayanan). Di pos yan itulah nanti bersama sama steakholder terkait lainnya ditempatkan ruang untuk vaksin maupun booster,” ujar Eddy. 

Diketahui, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi bahwa puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran akan berlangsung di tanggal 29 dan 30 April 2022.

Sedangkan, prediksi puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 2022 akan diprediksi pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022. Dalam mudik tahun ini, polisi tidak melakukan penyekatan. Mengingat, Pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik dengan syarat kelengkapan vaksinasi dan prokes kuat.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 86 juta warga Indonesia.

1,4 Juta Mudik Lewat Laut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memprediksi calon pemudik menggunakan transportasi laut berkisar 1,4 juta orang saat mudik Lebaran 2022 mendatang.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub Capt. Mugen S Sartoto menyampaikan prediksi kenaikan tersebut sebanyak 234% dari tahun 2021.

“Kami KementerianPerhubungan memproyeksikan orang yang akan bepergian menggunakan transportasi laut sebesar 1,4 juta penumpang di masa mudik Lebaran,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (13/4).

Untuk mengantisipasi peningkatan penumpang, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan armada kapal sebanyak 1.186 unit dengan kapasitas 2,46 juta orang penumpang. Adapun langkah stategis yang dilakukan Kemenhub, yakni mempersiapkan kesiapan armada, penerapan protokol kesehatan, penyesuaian rute dan jadwal kapal kegiatan posko & monitoring bersama instansi di pelabuhan, hingga memastikan kemudahan pembelian tiket secara online.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga