108 Lansia Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di YBS

Walikota Pontianak H. Edi Rusdi Kartono berfoto bersama dengan Ketua Umum YBS Susanto Muliawan Lim.

PONTIANAK –Para warga lansia Kamis (4/3) lalu antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang merupakan kolaborasi Yayasan Bhakti Suci (YBS) bersama Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan Kota Pontianak  serta Rumah Sakit Umum Kharitas Bhakti.

Shen Feng, Susanto Muliawan Lim, Wakil Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Luo Zhi Kun, Datuk Tjioe Kui Sim, Xu Hui De dan Yang Heng Guan berfoto bersama.

Kegiatan vaksinasi tersebut di gelar di Sekretariat YBS Pontianak.

Sejak pagi sejumlah lansia mulai berdatangan untuk mendapatkan vaksin covid-19 secara gratis. Dan para lansia yang hadir untuk divaksin adalah mereka  yang sudah menerima pemberitahuan melalui SMS atau WhatsApp yang dikirim setelah pendaftaran.

Walikota H. Edi Rusdi Kartono dan Ketua Umum Susanto Muliawan Lim  meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

          Yayasan Bhakti Suci (YBS) merupakan organisasi sosial yang ikut melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi usia 60 tahun keatas.

Namun dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan juga tergantung ketersediaan vaksin. Lansia yang sudah mendaftar sudah mencapai seribu lebih.

          Pendaftaran vaksinasi bisa mendaftar di Rumah Sakit Kharitas Bhakti Pontianak atau bisa di Yayasan Bhakti Suci. Namun karena kuota sudah penuh, untuk sementara hingga (4/3) lalu tidak menerima pendaftaran lagi.

          “Sejauh ini pelaksanaan vaksinasi aman dan tidak ada masalah, termasuk saya sudah divaksin dan selama 30 menit ini tidak ada masalah, biasa-biasa saja. Jadi masyarakat jangan takut untuk divaksin. Yang divaksin disini sudah mendapat persetujuan dari Rumah Sakit Kharitas Bhakti Pontianak.” ungkap salah satu panitia vaksinasi.

          Pemerintah Kota Pontianak menyambut baik pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Walikota Pontianak H. Edi Rusdi Kartono hadir langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi usia 60 tahun keatas ini.

          “Vaksinasi untuk lansia ada jatah dari Kemenkes RI. Sekarang sudah divaksinasikan kepada para lansia. Program ini dilakukan secara bertahap,” kata H Edi Rusdi Kamtono.

          Walikota Pontianak H. Edi Rusdi Kartono menambahkan bagi lansia yang tidak mau ikuti vaksinasi Covid-19 ada yang beralasan penyakit bawaan yang tidak bisa divaksin.

          “Bagi yang menolak, dia sendiri akan tahu betapa pentingnya vaksin covid-19 ini,” jelasnya.

          H Edi Rusdi Kamtono menyampaikan terima kasih kepada para lansia yang begitu antusias ikut dalam program Vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh YBS bersama RSU Kharitas Bhakti.

          “Sekarang masyarakat Kota Pontianak yang ingin divaksin sudah banyak,” ujarnya.

          Sementara, Ketua Dewan Pembina YBS Datuk Tjioe Kui Sim menjadi peserta pertama yang menerima Vaksinasi Covid-19 tidak merasakan apa-apa saat menerima suntikan pertamanya.

          “Tidak terasa apa-apa. Hanya biasa-biasa saja dan seperti digigit semut,” ucapnya.  

          Ketua Umum Yayasan Bhakti Suci Susanto Muliawan Lim menyatakan vaksinasi Covid-19 ini gratis. Namun jika ingin memberikan donasi kepada YBS maka pihaknya akan menerimanya dengan senang hati.

“Karena kami perlu mempersiapkan peralatan, konsumsi dan biaya lain yang diperlukan untuk semua staf yang bertugas,” ujarnya.

Saat ini ada lebih dari seribu orang yang mendaftarkan diri. Dan hanya lebih dari 100 orang lansia yang divaksin perharinya. Jadi untuk saat ini kami tidak menerima pendaftaran lagi. Dan hal tersebut akan diatur kembali tergantung pada perkembangan situasi.

Menurut informasi, saat ini beberapa rumah sakit di kota Pontianak sudah melaksanakan kegiatan vaksinasi. Namun lebih banyak warga yang datang ke YBS untuk divaksin. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp