Sunday, 19 May 2024

Search

Sunday, 19 May 2024

Search

10 Calon Sekda DKI Siap Ikut Tes Lanjutan

Deputi Gubernur DKI Jakarta, Marullah Matali.

JAKARTA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan ada 10 nama calon sekretaris daerah (Sekda) DKI yang sudah melalui tahap kompetensi bidang pada Rabu (4/1). Menurut Kepala Bidang Pengembangan Karier Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI, Eti Cahyaningsih, ke-10 calon itu akan mengikuti tes lanjutan.

“Di tes kompetensi manajerial melalui assesment oleh BKN dan wawancara dengan tim panitia seleksi,” kata Eti kepada awak media di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Menurut dia, setelah tes dilakukan, akan diterapkan sistem gugur dan dipilih orang yang memenuhi pencapaian standar penilaian untuk melanjutkan proses. Sehingga, tidak diambil berapa orang yang menjadi calon ke depannya. “Asalkan memenuhi standar penilaian, maka akan lanjut ke tahap berikutnya,” ucap Eti.

Kendati demikian, pihaknya tidak mengetahui sejauh mana hasil tes sebelumnya berjalan. Hasil tes kompetensi bidang, dia sebut, akan diumumkan pada Senin.

Merujuk pada jadwal yang ditetapkan, tes kompetensi majerial akan dilakukan di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pada 16 Januari 2023. Sementara untuk tes wawancara, masih menunggu hasil dari tes di BKN itu.

“Target nama sekda muncul sekitar awal Februari ya, karena prosesnya sampai ke presiden. Jadi memang agak lama,” tutur Eti.

Untuk tahap akhir, sambung dia, tiga nama bakal diserahkan ke Presiden Jokowi. Pemilihan tiga nama itu akan dilakukan, walaupun, keseluruhan nama yang ada dinyatakan lulus. “Akan ditentukan tiga kandidat terbaiknya oleh tim pansel,” jelas Eti. Posisi sekda DKI saat ini kosong. Hal itu setelah Penjabat Gubernur DKI, Heru Budi Hartono menggeser Marullah Matali dari sekda menjadi deputi gubernur. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media